KEPEMIMPINAN KEPALA DESA DAN PELAYANAN PUBLIK DI DESA TANJUNG BESAR KECAMATAN MEKAKAUILIR KABUPATEN OKU SELATAN (Studi di Kecamatan Mekakau Ilir Kabupaten Oku Selatan)

HERI, PURWANTO (2022) KEPEMIMPINAN KEPALA DESA DAN PELAYANAN PUBLIK DI DESA TANJUNG BESAR KECAMATAN MEKAKAUILIR KABUPATEN OKU SELATAN (Studi di Kecamatan Mekakau Ilir Kabupaten Oku Selatan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI HERI PURWANTO.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK KEPEMIMPINAN KEPALA DESA DAN PELAYANAN PUBLIK DI DESA TANJUNG BESAR KECAMATAN MEKAKAU ILIR KABUPATEN OKU SELATAN (Studi di Kecamatan Mekakau Ilir Kabupaten Oku Selatan) Oleh Heri Purwanto Kepemimpinan merupakan konsep mempengaruhi dalam menentukan tujuan organisasi, motivasi perilaku pengikut untuk mencapai tujuan, mempengaruhi untuk memperbaiki kelompok dan budayanya. Kepemimpinan visioner adalah kemampuan pemimpin dalam menciptakan, merumuskan, mensosialisasikan atau mentransformasikan, dan mengimplementasikan pemikiran-pemikiran ideal yang berasal dari dirinya atau sebagai hasil interaksi sosial diantara anggota organisasi dan stakeholders yang menyakini sebagai cita-cita organisasi di masa depan yang harus diraih atau diwujudkan melalui komitmen semua persornil. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kepemimpinan visioner yang di lakukan oleh kepala desa tanjung besar dalam meningkatkan pelayan publik terhadap masyrakatnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (file research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Metode yang di gunakan adalah observasi wawancara dan dokumentasi dengan element yang ada di desa tanjung besar dari mulai warga masyarakatnya, apartur pemerintahanya hingga kepala desa tanjung besar itu sendiri. Hasil dari penelitian ini adalah kepemimpinan Kepala Desa Tanjung Besar telah menerapkan kepemimpinan visioner yaitu kepemimpinan visioner sebagai penentu arah yakni Kepala Desa Tanjung Besar telah erorentasi kepada masa depan organisasi yang dipimpin serta senantiasaberusaha memfokuskan diri untuk mencapai visi dan misi desa yang telah dirumuskan. Kepemimpinan visioner sebagai agen perubahan yaitu Kepala Desa Tanjung Besar telah meningkatkan perbaikan sistem administrasi dan peningkatan sumber daya manusia, kepemimpinan visioner sebagai juru bicara yaitu Kepala Desa Tanjung Besar telah melaksanakan rapat intern sebagai langkah disiplin yang dilaksanakan didalam organisasi sendiriyang bertujuan untuk menanamkan kedisiplinan para staf jajarannya , dan kepemimpinan visioner sebagai pelatih yaitu Kepala Desa Tanjung Besar telah melakukan pemberdayaan secara optimal terhadap potensi-potensi yang ada pada aparatur desa dengan memberikan keteladanan serta membimbing dan mengikutsertakan dalam berbagai program pemerintahan yang ada. Kata Kunci : Kepemimpinan, Kepemimpinan Visioner, Pelayanan Publik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pemikiran Politik Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Pemikiran Politik Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Oct 2022 06:18
Last Modified: 31 Oct 2022 06:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21598

Actions (login required)

View Item View Item