EFEKTIVITAS PENERIMAAN DAN KONTRIBUSI PAJAK RESTORAN DAN PAJAK REKLAME TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN 2015-2020 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Kota Bandar Lampung)

SASKIA, PUTRI (2022) EFEKTIVITAS PENERIMAAN DAN KONTRIBUSI PAJAK RESTORAN DAN PAJAK REKLAME TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN 2015-2020 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL SASKIA PUTRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Meningkatnya pembangunan di Kota Bandar Lampung memungkinkan akan menjadi faktor-faktor penunjang pendapatan daerah yang diyakini semakin bertambah pesat nantinya dan meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan suatu daerah. Pembangunan pusat perbelanjaan yang mayoritas para pengusaha tertarik menanamkan saham atau berinvestasi berlomba-lomba untuk membuka usaha restoran, cafe, dan rumah makan yang cukup potensial untuk dikembangkan lebih pesat sehingga dapat memberikan kontribusi terhadap penerimaan sumber pajak sehingga dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kota Bandar Lampung. Tidak hanya itu, secara kasat mata banyak juga reklame jenis outdoor maupun indoor dalam bentuk poster, spanduk, baliho, hingga billboard raksasa terdapat hampir di sepanjang jalan Kota Bandar Lampung. Dengan bertambahnya jenis reklame yang bisa dimanfaatkan oleh pihak perusahaan atau badan yang akan mengiklankan produknya dengan menggunakan pemasangan reklame sebagai salah satu alat promosi. Dalam hal ini berarti tidak menutup kemungkinan Kota Bandar Lampung memiliki potensi yang besar untuk memperoleh pendapatan dari sektor restoran maupun reklame. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah efektivitas penerimaan dan kontribusi pajak restoran Kota Bandar Lampung tahun 2015-2020 terhadap pendapatan asli daerah? 2) Bagaimanakah efektivitas penerimaan dan kontribusi pajak reklame Kota Bandar Lampung tahun 2015- 2020 terhadap pendapatan asli daerah? 3) Bagaimanakah pemungutan pajak restoran dan pajak reklame Kota Bandar Lampung dalam perspektif ekonomi islam? Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dan penelitian ini bersifat deskriptif. Populasi dalam penelitian ini semua data laporan realisasi anggaran pendapatan daerah tahun 2015-2020, dan sampel yang digunakan yaitu semua data realisasi penerimaan pajak restoran dan pajak reklame di Kota Bandar Lampung periode tahun 2015-2020. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis efektivitas dan kontribusi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat efektivitas penerimaan pajak restoran di Kota Bandar Lampung tahun 2015- 2020 memiliki rata-rata persentase 73,25% tergolong kurang efektif, dan untuk kontribusi pajak restoran terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Bandar Lampung tahun 2015-2020 adalah 9,20% tergolong sangat kurang. Sedangkan untuk tingkat efektivitas penerimaan pajak reklame di Kota Bandar Lampung tahun 2015-2020 memiliki rata-rata persentase 69,93% tergolong kurang efektif, dan untuk kontribusi pajak reklame terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Bandar Lampung tahun 2015-2020 adalah 4,30% tergolong sangat kurang. Dalam pemungutan pajak dalam Islam menurut Yusuf Qardhawi yaitu pembagian beban pajak yang adil dan digunakan untuk kemashalahatan umum. Kata kunci : Efektivitas, Kontribusi, Pajak Restoran, Pajak Reklame, Pendapatan Asli Daerah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Oct 2022 04:37
Last Modified: 31 Oct 2022 04:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21593

Actions (login required)

View Item View Item