ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DI MASA PANDEMI COVID-19 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Rumah Bubble Foods and Drinks Kec.Tanjung Karang Pusat, Bandar Lampung)

TANIA, DWI RAHMA (2022) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DI MASA PANDEMI COVID-19 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Rumah Bubble Foods and Drinks Kec.Tanjung Karang Pusat, Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB  1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TANIA DWI RAHMA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam menghadapi persaingan dunia usaha yang semakin ketat. Sekarang ini kita dituntut untuk dapat membuat strategi pemasaran yang efisien. Permasalahan ini semakin komplek, dikarenakan adanya pandemi covid-19 yang tentu saja berpengaruh dalam meningkatkan penjualan, mulai dari jam kerja yang terbatas karena kebiijakan�kebijakan yang ada. Dalam islam bukan merupakan suatu larangan bila umatnya mempunyai rencana atau keinginan untuk berhasil dalam usahanya, namun harus sesuai dengan syariat dan tidak bertentangan ajaran dalam syariat islam. Dalam hal ini tentunya berkaitan dengan biaya-biaya yang akan di produksi oleh perusahaan baik dalam factor internal dan eksternal yang dilakukan perusahaan sehingga efisiensi yang dilakukan oleh perusahaan akan dapat ditentukan. Dalam penelitian ini rumusan masalah yang diambil adalah Bagaimana strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan di masa covid-19? dan Bagaimana strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan di masa pandemi covid-19 dalam perspektif ekonomi islam? Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif menggunakan analisis SWOT dan diagram kartesius SWOT untuk menentukan strategi pemasaran dimasa pandemic covid-19. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yang terdiri dari wawancara dan observasi dan sekunder yaitu pembukuan tahunan Rumah Bubble Food And Drink dari tahun 2018-2021. Strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan yang diterapkan tidak terlepas dari kebijakan bauran pemasaran (marketing mix) atau dikenal dengan istilah 4P (Product, Price, Promotion, dan Place). Identifikasi faktor internal dilakukan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan strategi pemasaran pada Rumah Bubble Foods And Drinks. Berdasarkan matrik IFAS dan EFAS nilai total skor dari masing-masing faktor dapat dirinci yaitu strength 2,135, weakness 1,00, opportunity 1,595 dan threat 1,81. Maka diketahui selisih total skor faktor strength dan weakness adalah (+) 1,135, sedangkan selisih total skor faktor oppurtunity dan threat adalah (-) 0,215. Dari gambar diagram cartesius, sangat jelas menunjukkan bahwa Rumah Bubble berada pada kuadran 2 dimana kuadran tersebut menggambarkan situasi bahwa meskipun perusahaan menghadapi ancaman, namun ada kekuatan yang dapat diandalkan. Strategi Pemasaran dalam Rumah Bubble Foods and Drinks itu berhasil dimana ditunjukan dengan hasil penelitian bahwa stretegi yang dilakukan ini membuahkan hasil yaitu keberhasilan Rumah Bubble dalam mempertahankan daya saingnya terhadap pesaing-pesaingnya dimana Rumah Bubble ini masih berjalan dan meningkatnya penjualan untuk menikmati produk yang ada di Rumah Bubble. Dalam Islam penerapan strategi SWOT dilihat dari segi pemanfaatannya tentunya strategi ini memberikan banyak manfaat dari pada kemudorotan. Kata kunci : Analisis SWOT, Strategi Pemasaran, Covid-19

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Oct 2022 04:35
Last Modified: 31 Oct 2022 04:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21592

Actions (login required)

View Item View Item