PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PEMERINTAH, GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) DAN ASIMETRI INFORMASI TERHADAP TINDAKAN KECURANGAN (FRAUD) AKUNTANSI DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi Kasus Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah Kota Bandar Lampung)

SASI, HANDAYANI (2022) PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PEMERINTAH, GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) DAN ASIMETRI INFORMASI TERHADAP TINDAKAN KECURANGAN (FRAUD) AKUNTANSI DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi Kasus Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SASI FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Semakin meningkatnya tuntutan masyarakat terhadap penyelenggaraan pemerintahan yang baik, mendorong pemerintah daerah untuk menerapkan akuntabilitas sebagai bentuk pertanggungjawaban atas pelaksanaan otonomi daerah. Pemerintahan yang baik merupakan prasyarat bagi setiap pemerintahan untuk memenuhi aspirasi masyarakat dan mencapai tujuan dan cita-cita bangsa dan negara. Laporan keuangan merupakan representasi posisi keuangan dari transaksi-transaksi yang dilakukan oleh pemerintah. Namun dalam hal pemenuhan aspirasi masyarakat tersebut tidak menutup kemungkinan terjadinya kecurangan (fraud) akuntansi. Kecurangan akuntansi tersebut dapat berupa memanipulasi pencatatan, suap, korupsi dan tindakan lainnya yang dapat merugikan banyak pihak terutama masyarakat. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu apakah sistem pengendalian internal pemerintah, good corporate governance dan asimetri informasi berpengaruh terhadap kecurangan dan bagaimana islam memandang kecurangan akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh sistem pengendalian internal pemerintah, good corporate governance, dan asimetri informasi terhadap tindakan kecurangan (fraud) akuntansi pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang disebar secara langsung kepada pegawai bidang akuntansi dan anggaran yang telah bekerja minimal 1 tahun. Jumlah sampel yang datanya dapat diolah yaitu sebanyak 68 responden dengan teknik penentuan sampel penelitian menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data menggunkan regresi linear berganda dengan menggunakan bantuan program Statistical Package for Social Scienses (SPSS) versi 24. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel sistem pengendalian internal dan good corporate governance berpengaruh negatif signifikan terhadap tindakan kecurangan (fraud) akuntansi, sedangkan variabel asimetri informasi tidak berpengaruh positif signifikan terhadap tindakan kecurangan (fraud) akuntansi. Islam dengan tegas melarang umat muslim mengkonsumsi kekayaan yang berasal dari hasil yang dilakukan secara batil. Islam melarang setiap kecurangan dan penipuan baik dalam kegiatan ekonomi seperti jual beli, ataupun dalam kegiatan politik sekalipun. Kata kunci: sistem pengendalian internal, good corporate governance, asimetri informasi,dan fraud akuntansi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Oct 2022 04:22
Last Modified: 31 Oct 2022 04:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21585

Actions (login required)

View Item View Item