EFEKTIVITAS BAURAN PEMASARAN TERHADAP PENIGKATAN DANA PIHAK KETIGA PADA PRODUK FUNDING SEBELUM DAN SESUDAH COVID-19 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Bank Syariah Indonesia KC Prabumulih Sudirman Sumatera Selatan)

Rindy, Valentini (2022) EFEKTIVITAS BAURAN PEMASARAN TERHADAP PENIGKATAN DANA PIHAK KETIGA PADA PRODUK FUNDING SEBELUM DAN SESUDAH COVID-19 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Bank Syariah Indonesia KC Prabumulih Sudirman Sumatera Selatan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 5 dapus.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI RINDY VALENTINI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Strategi bauran pemasaran merupakan aspek penting untuk mencapai hasil dan tujuan yang diinginkan oleh perusahaan. Masa pandemi covid-19 merupakan sebuah tantangan yang tidak dapat dihindari salah satunya di sektor perbankan Syariah.yang mengakibatkan segala aktivitas sosial menjadi terbatas.salah satunya pada kegiatan bauran pemasaran produk funding yang terdapat pada Bank BSI KC Prabumulih Sudirman 1. Efektivitas merupakan suatu ukuran yang menyatakan seberapa jauh target (kuantitas, kualitas dan waktu) yang telah dicapai oleh manajemen, yang mana target tersebut ditentukan terlebih dahulu. Bauran pemasaran merupakan alat pemasaran yang baik yang berada dalam satu perusahaan,dimana perusahaan mampu mengendalikannya agar dapat mempengaruhi respon pasar sasaran. Peningkatan yang dimaksud dari judul penelitian ini adalah usaha untuk meningkatkan dana pihak ketiga pada Bank BSI KC Prabumulih Sudirman 1,cara peningkatan DPK tersebut dilakukan dengan bauran pemasaran. Dana pihak ketiga yang biasanya dikenal dengan dana masyarakat, merupakan dana yang dihimpun oleh bank yang berasal dari masyarakat dalam arti yang luas, meliputi masyarakat individu maupun badan usaha. Produk Funding merupakan adalah suatu kegiatan usaha yang dilakukan bank untuk mencari dana kepada pihak deposan yang nantinya akan disalurkan kepada pihak kreditur dalam rangka menjalankan fungsinya sebagai intermediasi antara pihak deposan dengan pihak kreditur, Penelitian ini tergolong penelitian lapangan (field research), data-data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan pendekatan deksriptif kualitatif. Selanjutnya analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis bauran pemasaran di atas maka dapat dilihat efektivitas dari ketujuh indikator yaitu produk, harga, lokasi, promosi, proses, orang yang berpartisipasi, pendukung fisik, yang mana memiliki efektivitas dalam peningkatan jumlah nasabah yang menyebabkan peningkatkan pada dana pihak ketiga.berdasarkan hasil wawancara dengan bapak wahyudi hidayat ( Branch Manager) BSI KC Prabumulih Sudirman menyatakan bahwa terjadi peningkatan dana pihak ketiga di BSI KC Prabumulih Sudirman 1,dapat dilihat dari pencapian dana pihak ketiga pada tahun 2019-2021. Kata Kunci : Efektivitas, Bauran Pemasaran, Peningkatan, Dana Pihak Ketiga, Produk Funding

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Oct 2022 04:20
Last Modified: 31 Oct 2022 04:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21584

Actions (login required)

View Item View Item