NOVIA, SRI PURWANTI (2022) IMPLEMENTASI PENGELOLAN KELAS DI TK CERIA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (2MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Implementasi Pengelolaan kelas merupakan keterampilan guru untuk menciptakan dan memelihara kondisi kelas yang optimal dan mengembalikannya bila terjadi hal-hal yang dapat mengganggu suasana kenyamanan kelas. Guru sebagai tenaga professional di tuntut mampu untuk mengelola kelas yaitu menciptakan dan mempertahankan kondisi ruang belajar yang optimal. Tindakan yang perlu dilakukan guru dalam meciptakan kondisi kelas diantaranya melakukan komunikasi dan hubungan interpersonal antara guru anak secara timbal balik dan efektif, mengatur perlengkapan kelas dan tempat duduk anak serta melakukan perencanaan atau pesiapan mengajar. Maka tujuan untuk mengetahui bagaiamana Implementasi Pengelolaan Kelas di TK Ceria Bandar Lampung. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengmbarkan tentang implementasi pengelolaan kelas di TK Ceria dan menjadikan TK Ceria Bandar Lampung sebagai model pengelolaan kelas yang bisa di jadikan contoh dalam pengelolaan kelas yang baik. Pendekatan yang di gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yaitu pendekatan penelitian tanpa menggunakan angka statistik tetapi dengan pemaparan secara deskriptif yaitu berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi di saat sekarang, dimana peneliti ini memotret peristiwa dan kejadian yang terjadi menjadi fokus perhatiannya untuk kemudian di jabarkan sebagaimana adanya. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Implentasi Pengelolaan Kelas di TK Ceria Bandar Lampung di mulai dari penataan Sarana dan Prasarana bersifat fleksibel dan dapat di ubah-ubah sesuai dengan kegiatan anak yang akan di laksanakan, penataan dalam ruang kelas dibuat agar mudah di akses oleh anak sehingga mereka memiliki ruang gerak yang lebh leluasa, memiliki alat bermain untuk kegiatan belajar di tata dalam ruangan secara teratur, sehingga mudah diakses apabila di perlukan oleh anak. Di TK Ceria masih menggunakan cat kelas yang kurang terang, sehingga kelas terlihat redup, cahaya matahari di usahakan dapat masuk dengan baik melalui jendela dan ventilasi, namun sebaiknya jendela dan ventilasi di TK Ceria di tambah lagi agar cahaya dan udara masuk dengan maksumal agar ruangan kelas tidak terlihat gelap dan sedikit lembab di karenakan kurangnya jendela dan ventilasi yang kurang memadai. Kata kunci: Implementasi, Pengelolaan Kelas, Anak Usia Dini
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 31 Oct 2022 03:56 |
Last Modified: | 31 Oct 2022 03:56 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21577 |
Actions (login required)
View Item |