ANALISIS PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PERAN KEBIJAKAN EKONOMI KREATIF DALAM RANGKA MENSEJAHTERAKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Masyarakat Pedagang di Paguyuban Kreatif & Wisata Kuliner Kecamatan Sidomulyo Kabupaten Lampung Selatan)

RIDA, SEPTIANA (2022) ANALISIS PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PERAN KEBIJAKAN EKONOMI KREATIF DALAM RANGKA MENSEJAHTERAKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Masyarakat Pedagang di Paguyuban Kreatif & Wisata Kuliner Kecamatan Sidomulyo Kabupaten Lampung Selatan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of RIDA SEPTIANI FULL SEKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Ekonomi kreatif mulai diakui memiliki peran yang sangat strategis dalam pembangunan ekonomi dan pembangunan bisnis. Terdapat 16 subsektor ekonomi kreatif salah satunya adalah kuliner. Ekonomi kreatif yang berada di Kecamatan Sidomulyo pada penelitian ini merujuk pada kuliner, masyarakat yang berjualan mayoritas merupakan ibu rumah tangga sebagai upaya peningkatan kesejahteraan salah satunya membantu meningkatkan pendapatan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi masyarakat terhadap peran kebijakan ekonomi kreatif dalam rangka mensejahterakan perekonomian masyarakat pedagang di Paguyuban Kreatif & Wisata Kuliner, dan untuk mengetahui peran kebijakan ekonomi kreatif terhadap perekonomian masyarakat menurut perspektif ekonomi Islam. Metodelogi penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif, dengan sumber data primer dan sekunder menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu masyarakat pedagang di Paguyuban Kreatif & Wisata Kuliner yang berjumlah 103 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian masyarakat pedagang di Paguyuban Kreatif & Wisata Kuliner berjumlah 50 orang dengan menggunakan teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi masyarakat terhadap peran kebijakan ekonomi kreatif di Kecamatan Sidomulyo dengan didirikannya Paguyuban Kreatif & Wisata Kuliner dapat membantu mensejahterakan perekonomian masyarakat. Dengan adanya Paguyuban Kreatif & Wisata Kuliner masyarakat dapat memperbaiki usaha yang dijalani, meningkatkan pendapatan, dan dapat memenuhi kebutuhan hidupnya sehingga memungkinkan untuk memenuhi kesejahteraan. Hal tersebut dapat dilihat melalui terbukanya peluang tenaga kerja baru, meningkatnya pendapatan keluarga dan terpenuhinya kebutuhan pendidikan dan kesehatan keluarga. Sedangkan dalam pandangan ekonomi Islam, Paguyuban Kreatif & Wisata Kuliner secara keseluruhan telah berperan dalam mensejahterakan perekonomian masyarakat. Adanya Paguyuban Kreatif & Wisata Kuliner telah membuka lapangan pekerjaan baru yang dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari sehingga dapat memenuhi kesejahteraan. Pemenuhan kesejahteraan berdasarkan indikator dalam Al�Qur‟an Surat Al-Quraisy ayat 3-4 yaitu terpenuhinya Tauhid, terpenuhinya konsumsi secukupnya, dan dapat menciptakan rasa nyaman, aman, dan damai. Kata Kunci : Persepsi Masyarakat, Ekonomi Kreatif, Kesejahteraan, Perekonomian Masyarakat

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Oct 2022 03:32
Last Modified: 31 Oct 2022 03:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21571

Actions (login required)

View Item View Item