PERAN KOPERASI DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PERSEFEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada KSPPS BMT Fajar Bandar Lampung)

Sandika, Wijaya (2022) PERAN KOPERASI DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PERSEFEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada KSPPS BMT Fajar Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Sandika Wijaya(1).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Koperasi merupakan sebuah sasaran dalam gerakan ekonomi masyarakat. Sebagaimana di ketahui dalam koperasi terdapat konsep (ta’awun) kerja sama yang mewarnai nilai islami dalam kehidupan berekonomi masyarakat. Sementara kesejahteraan masyarakat merupakan entitas dasar dari pengembangan koperasi Indonesia. Salah satu visi koperasi adalah menciptakan kesejahteraan bagi anggotanya dan juga masyarakat secara luas. Penelitian skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar KSPPS BMT Fajar Bandar Lampung. Sedangkan manfaat dalam penelitian ini adalah secara praktis, penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran kepada masyarakat, pemerintah dan anggota-anggota BMT tentang andil besar yang dimiliki oleh koperasi sebagai Lembaga yang bertujuan meningkatkan taraf ekonomi masyarakat. Sementara secara teoritis hasil penelitian ini diaharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran dan pengembangan ilmu pengetahuan, terkhusus ilmu ekonomi Islam yang mendeskripsikan peranan koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat KSPPS BMT Fajar Bandar Lampung. Penelitian ini mengunakan metode Kuantitatif, berdasarkan teknik pengumpulan data melalui proses wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini Bapak Samsul Hadi sebagai Direktur KSPPS BMT Fajar Bandar Lampung, beberapa pengurus BMT Fajar hingga anggota BMT Fajar itu sendiri. Penelitian ini mengunakan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian kualitatif lapangan yang sesuai dengan pendapat Miles dan Huberman yang dikutip oleh Sugiyono yaitu melalui data reduction (Reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/verification (kesimpulan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lahirnya KSPPS BMT Fajar Bandar Lampung dan Program-program yang dijalankan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Oct 2022 03:06
Last Modified: 31 Oct 2022 03:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21557

Actions (login required)

View Item View Item