UPAYA GURU DALAM MENGENALKAN GEOMETRI MELALUI MEDIA KARTU BERGAMBAR DI TK AISYIYAH 1 LABUHAN RATU BANDAR LAMPUNG

OKTAVIA, RAHMADANI (2022) UPAYA GURU DALAM MENGENALKAN GEOMETRI MELALUI MEDIA KARTU BERGAMBAR DI TK AISYIYAH 1 LABUHAN RATU BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI OKTAVIA RAHMADANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Geometri merupakan ilmu yang berkaitan dengan bentuk. Menurut Jannah menjelaskan bahwa geometri adalah ilmu yang membahas terkait bentuk, bidang dan ruang pada suatu benda. Media kartu bergambar merupakan media pembelajaran yang tersedia di dalam kelas, yakni media kartu bergambar geometri adapun permasalahan yang muncul dikarenakan pembelajaran geometri belum sepenuhnya dikenalkan pada anak seperti bentuk geometri lainnya. untuk mengenalkan konsep matematika permulaan pada anak, pengenalan bentuk geometri adalah kemampuan anak dalam mengenal, menunjukkan, serta menyebutkan benda-benda yang ada disekitar berdasarkan bentuk geometri. Dengan adanya media kartu bergambar ini sangat membantu anak dalam mengenalkan macam�macam bentuk geometri. Oleh karena itu penelitian ini membahas tentang upaya guru dalam mengenalkan geometri melalui media kartu bergambar di TK Aisyiyah 1 Labuhan Ratu Bandar Lampung. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini merupakan guru dan anak usia 5-6 tahun di kelas B2 sejumlah 22 peserta didik. Sedangkan objek dari penelitian ini terdiri dari masalah yang diteliti yaitu, upaya guru dalam mengenalkan geometri melalui media kartu bergambar. Metode pengumpulan data dalam penelitian meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. data yang dihasilkan selanjutnya peneliti analisis menggunakan reduksi data, display data dan menarik kesimpulan adapun uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa upaya guru dalam mengenalkan geometri melalui media kartu bergambar di TK Aisyiyah 1 Labuhan Ratu Bandar Lampung kelas B2 yaitu sebagai berikut: (a) Guru menyiapkan media pembelajaran, (b) Guru mengenalkan media yang akan digunakan, (c) Guru memberikan contoh penggunaan media, (d) Guru menetapkan langkah-langkah dalam kegiatan, (e) Guru melaksanakan evaluasi pembelajaran yang telah digunakan. Oleh karena itu, guru sebaiknya lebih banyak lagi memberikan materi-materi tentang geometri seperti bentuk-bentuk trapesium, jajar genjang, belah ketupat dan segilima yang belum diajarkan kepada anak. Kata Kunci : Mengenalkan Geometri, Media Kartu Bergambar iv ABSTRACT Geometry is a science related to shape. According to Jannah, geometry is a science that discusses the shape, plane and space of an object. Picture card media is a learning media available in the classroom, namely geometric picture card media As for the problems that arise because learning geometry has not been fully introduced to children like other geometric shapes. introduce early mathematical concepts to children, the introduction of geometric shapes is the child's ability to recognize, show, and mention objects around them based on geometric shapes. With this picture card media, it is very helpful for children to introduce various geometric shapes. Therefore, this study discusses the teacher's efforts in introducing geometry through the media of picture cards in TK Aisyiyah 1 Labuhan Ratu Bandar Lampung. In this study the method used was qualitative with a qualitative descriptive approach. The subjects in this study were teachers and children aged 5-6 years in class B2 with a total of 22 students. While the object of this research consists of the problems studied, namely, the teacher's efforts in introducing geometry through the media of picture cards. Data collection methods in this study include observation, interviews and documentation. The resulting data is then analyzed using data reduction, data display and drawing conclusions as for the validity of the data using triangulation of sources. Based on the results of this study, it shows that the teacher's efforts in introducing geometry through the media of picture cards in TK Aisyiyah 1 Labuhan Ratu Bandar Lampung class B2 are as follows: (a) The teacher prepares learning media, (b) The teacher introduces the media to be used, (c) The teacher gives examples of the use of media, (d) the teacher sets the steps in the activity, (e) the teacher evaluates the learning that has been used. Therefore, teachers should provide more materials about geometry such as trapezoidal shapes, parallelograms, rhombuses and pentagons that have not been taught to children. Keywords: Introducing Geometry, Picture Card Media

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Oct 2022 06:58
Last Modified: 28 Oct 2022 06:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21547

Actions (login required)

View Item View Item