PENGARUH BERMAIN GYMNASTICS TERHADAP KECERDASAN KINESTETIK ANAK DI TAMAN KANAK KANAK HARNIATUN ARRAZZAAQ BANDAR LAMPUNG

SILVI, INDRIANI (2022) PENGARUH BERMAIN GYMNASTICS TERHADAP KECERDASAN KINESTETIK ANAK DI TAMAN KANAK KANAK HARNIATUN ARRAZZAAQ BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI SILVI INDRIANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Kecerdasan sangat diperlukan bagi setiap anak karena kecerdasan dapat membantu seseorang dalam menghadapi berbagai permasalahan yang muncul. Kecerdasan juga merupakan cara berfikir seseorang yang dapat dijadikan modal dalam belajar. Mengembangkan kecerdasan kinestetik sangatlah penting bagi anak usia dini karena dapat meningkatkan fisik motorik pada anak. Oleh karena itu untuk menstimulus dan mengembangkan kecerdasan kinestetiknya, agar proses perkembangan kecerdasan kinestetik anak terarah maka perlu suatu kegiatan yang dapat mengembangkan kecerdasan kinestetik anak yaitu bermain gymnastic. Adapun rumusan masalahnya “Apakah terdapat pengaruh bermain gymnastic terhadap kecerdasan kinestetik anak di TK Harniatun Arrazzaq Bandar Lampung?’ Jenis Penelitian yang digunakan ini adalah Quasi Eksperiment desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah Posttest Only Control Design. Adapun sampel yang digunakan yaitu anak kelas B1 dan B2 terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan teknik pengambilan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Teknik analisis penelitian ini menggunakan bantuan program SPPS versi 26 for windows. Analisis uji prasyarat yang dilakukan untuk mengitung normalitas dengan uji Kolmogorov-smirnov, perhitungan homogenitas dengan uji Lavene statistik pada kedua sampel (Kelas B1 dan B2) dan analisis uji hipotesis menggunakan t-test atau uji t menggunakan rumus Independent sampel T-tes. Berdasarkan hasil perhitungan dengan bantuan program SPPS 26 for windows menggunakan taraf signifikan 5% diperoleh thitung sebesar 20,259 lebih besar dari ttabel yaitu sebesar 2,036 (20,259 > 2,036) dengan Sig (2-tailed) sebesar 0,000 dimana lebih kecil dari pada 0,05 (0,000 < 0,05) mempunyai arti bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya adalah terdapat pengaruh bermain gymnastic terhadap kecerdasan kinestetik anak di Taman Kanak Kanak Harniatun Arrazzaq Bandar Lampung. Kata Kunci : Kecerdasan Kinestetik, Bermain Gymnastic. iv ABSTRACT Intelligence is very necessary for every child because intelligence can help someone in dealing with various problems that arise. Intelligence is also a person's way of thinking that can be used as capital in learning. Developing kinesthetic intelligence is very important for early childhood because it can improve physical motor skills in children. Therefore, to stimulate and develop kinesthetic intelligence, so that the process of developing children's kinesthetic intelligence is directed, we need an activity that can develop children's kinesthetic intelligence, namely playing gymnastics. The formulation of the problem is "Is there any effect of playing gymnastics on the kinesthetic intelligence of children at Harniatun Arrazzaq Kindergarten, Bandar Lampung?' The type of research used in this research is a Quasi�experimental design used in this study is the Posttest Only Control Design. The samples used were children in class B1 and B2 consisting of the experimental class and the control class with purposive sampling technique. Data collection techniques used are observation and documentation. The analysis technique of this research uses the SPPS version 26 for windows program. Prerequisite test analysis was carried out to calculate normality using the Kolmogorov-Smirnov test, homogeneity calculation with Lavene statistical test on both samples (Class B1 and B2) and hypothesis testing analysis using t-test or t-test using the Independent sample T-test formula. Based on the results of calculations with the help of the SPPS 26 for windows program using a significant level of 5% obtained tcount of 20.259 which is greater than ttable which is 2.036 (20.259 > 2.036) with Sig (2-tailed) of 0.000 which is smaller than 0.05 (0.000 < 0.05) means that H0 is rejected and Ha is accepted. The conclusion is that there is an effect of playing gymnastics on the kinesthetic intelligence of children at Harniatun Arrazzaq Kindergarten, Bandar Lampung. Keywords: Kinesthetic Intelligence, Playing Gymnastics.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Oct 2022 06:50
Last Modified: 28 Oct 2022 06:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21546

Actions (login required)

View Item View Item