KONSEP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA SEKOLAH DASAR DALAM IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MENURUT TEORI JEAN PIAGET (Telaah Buku Teori perkembangan Kognitif Jean Piaget)

DEWI, FATHONAH SATRIA PUTRI (2022) KONSEP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA SEKOLAH DASAR DALAM IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MENURUT TEORI JEAN PIAGET (Telaah Buku Teori perkembangan Kognitif Jean Piaget). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of DEWI FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Salah satu perkembangan yang akan dialami oleh anak adalah perkembangan kognitif. Perkembangan kognitif berhubungan dengan meningkatnya kemampuan berpikir, memecahkan masalah, mengambil keputusan, kecerdasan, dan bakat. Anak harus belajar secara alamiah. Artinya proses pembelajaran yang mereka lakukan harus berdasarkan kemampuan mereka, perkembangan kognitif anak usia Sekolah Dasar berada dalam dua fase yaitu fase operasional konkret (usia 7-11 tahun) dan fase operasional formal (usia 11-12 tahun keatas). Kemampuan anak usia Sekolah Dasar berkembang secara bertahap. Sehingga guru tidak boleh mendesak dan menekan anak dengan pembelajaran yang diluar kesiapan mereka, karena hal tersebut akan berdampak negatif pada mental anak. Akan tetapi pada masa kini didalam pendidikan masih ada yang belum menerapkan implementasi yang sesuai dengan teori tersebut misalnya memberikan pembelajaran pada anak kelas rendah menggunakan pembelajaran kelas tinggi. Adapun perkembangan kognitif anak usia Sekolah Dasar pada minat dan bakat anak belum mengetahui dan memahami apa potensi pada dirinya. Kognitif merupakan salah satu aspek dari intelegensi, Kognitif adalah cara bagaimana informasi diolah dan dimanipulasi dalam mengingat, berpikir, dan mengetahui. Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahap perkembangan kognitif anak usia Sekolah Dasar menurut Jean piaget dan untuk mengetahui perkembangan kognitif dalam implementasi pembelajaran menurut Jean Piaget. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang bersifat kepustakaan (Library Research). Pengumpulan data dilakukan dengan telaah dokumen yaitu buku teori perkembangan kognitif Jean Piaget, penelitian ini menggunakan metode analisis isi (Content analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan Tahap perkembangan kognitif anak usia sekolah dasar menurut teori Jean Piaget. Perkembangan anak usia sekolah dasar, terdiri dari dua fase yaitu fase operasional konkret dan fase operasional formal, Perkembangan anak usia sekolah dasar masuk pada tahap C1 mengingat, C2 memahami, C3 menerapkan, C3 menganalisis, C5 mengevaluasi dan C6 menciptakan. Sebagai seorang pendidik sangat perlu memahami iv pertumbuhan maupun perkembangan kognitif anak. Seorang pendidik juga harus dapat melihat dan mengambil sikap ketika menerapkan teori perkembangan kognitif pada diri siswa masing-masing. Pendidik memiliki peranan penting dan harus memahami pertumbuhan dan perkembangan siswa. Karena pendidik yang membawa kegiatan pembelajaran di dalam kelas dan harus merancang skenario pembelajaran yang dapat memancing potensi anak. Kata Kunci: Perkembangan Kognitif dan Implementasi Pembelajaran v ABSTRACT One of the developments that will be experienced by children is cognitive development. Cognitive development is associated with increased ability to think, solve problems, make decisions, intelligence, and talent. Children must learn naturally. This means that the learning process they do must be based on their abilities, the cognitive development of elementary school age children is in two phases, namely the concrete operational phase (ages 7-11 years) and the formal operational phase (ages 11-12 years and over). The ability of elementary school-age children develops gradually. So the teacher should not urge and pressure children with learning that is beyond their readiness, because this will have a negative impact on the child's mentality. However, at present in education there are still those who have not implemented an implementation that is in accordance with the theory, for example providing learning to low-grade children using high-grade learning. As for the cognitive development of elementary school-aged children on the interests and talents of children, they do not yet know and understand what their potential is. Cognitive is one aspect of intelligence, Cognitive is the way how information is processed and manipulated in remembering, thinking, and knowing. The purpose of this study was to determine the stage of cognitive development of elementary school age children according to Jean Piaget and to determine cognitive development in the implementation of learning according to Jean Piaget. This study uses a qualitative approach with the type of research that is library (Library Research). Data was collected by reviewing documents, namely Jean Piaget's cognitive development theory book, this study used content analysis methods. The results of this study indicate the stage of cognitive development of elementary school age children according to Jean Piaget's theory. The development of elementary school-age children consists of two phases, namely the concrete operational phase and the formal operational phase. The development of elementary school-age children enters the C1 stage of remembering, C2 understanding, C3 applying, C3 analyzing, C5 evaluating and C6 creating. As an educator, it is very important to understand the growth and cognitive vi development of children. An educator must also be able to see and take a stand when applying the theory of cognitive development to each student. Educators have an important role and must understand the growth and development of students. Because educators bring learning activities in the classroom and must design learning scenarios that can provoke children's potential. Keywords: Cognitive Development and Implementation of Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Oct 2022 04:12
Last Modified: 28 Oct 2022 04:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21543

Actions (login required)

View Item View Item