IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS III SDN 1 KELATEN LAMPUNG SELATAN

ABDURRAHMAN, Sutarji (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS III SDN 1 KELATEN LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1,2,5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI ABDURRAHMAN Full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS III SDN 1 KELATEN LAMPUNG SELATAN Penelitian ini dilatarbelakangi dari kondisi Indonesia saat ini yang sedang terpapar oleh corona virus atau covid-19 hal ini menyebabkan ruang gerak manusia terganggu. Wabah virus corona yang menyebar di Indonesia menyebabkan pemerintah memutuskan untuk menutup kegiatan belajar mengajar di sekolah. Sistem pembelajaran daring dianggap sebagai solusi yang dapat digunakan saat masa penyebaran pandemi virus corona, pendidik dan peserta didik dapat melangsungkan kegiatan belajar mengajar tanpa harus bertatap muka secara langsung untuk mencegah penyebaran virus corona. Dalam proses pembelajaran daring, peserta didik kurang termotivasi dalam pembelajaran. Salah satu penyebab kurangnya motivasi belajar peserta didik adalah rendahnya pemahaman orang tua dalam pengetahuan IT, sehingga pembelajaran hanya dilakukan melalui aplikasi whatsapp. Hal ini menyebabkan monotonnya pembelajaran yang dilakukan, dan membuat peserta didik merasa bosan dan kurang termotivasi untuk mengikuti kegiatan belajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan implementasi pembelajaran daring terhadap motivasi belajar pada peserta didik kelas III SDN 1 Kelaten. Peneliti menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Pendidik Kelas III. Objek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas III dan Pendidik/Wali Kelas III SDN 1 Kelaten. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan obervasi wawancara, angket, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian adalah sebagai berikut: Pembelajaran daring sangat berperan penting dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa pada saat pandemi Covid-19. Dimana pendidik dan orang tua merupakan faktor utama keberhasilan siswa dalam berprestasi, orang tua membimbing, mengawasi dan mendampingi siswa saat pembelajaran dilakukan dari rumah selama Covid-19. Dalam menumbuhkan motivasi belajar pada anak, orang tua melakukan berbagai hal seperti memberikan motivasi, nasehat, pujian, dan pemberian hadiah kepada anaknya yang semuanya dilakukan untuk menumbuhkan motivasi belajar. Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Motivasi Belajar iii LEARNING MOTIVATION IN IPS SUBJECTS IN CLASS III SDN 1 KELATEN SOUTH LAMPUNG This research is motivated by the current condition of Indonesia The purpose of this study is to describe the implementation of online learning to learning motivation in students of class III SDN 1 Kelaten. Researchers use qualitative descriptive research. The subject in the study was a Class III Educator. The objects in this study are class III learners and Educators / Parent of Class III at SDN 1 Kelaten. The data collection techniques in this study use interviews, questionnaires, and documentation. The results of the study are as follows: Online learning is very important in growing students' learning motivation during the Covid�19 pandemic. Where educators and parents are the main factors of student success in achievement, parents guide, supervise and accompany students when learning is done from home during Covid�19. In fostering learning motivation in children, parents do various things such as providing motivation, advice, praise, and gift giving to their children, all of which are done to foster learning motivation. Keywords: Online Learning, Learning Motivation

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Oct 2022 07:38
Last Modified: 27 Oct 2022 07:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21540

Actions (login required)

View Item View Item