ANALISIS PERAN USAHA KECIL MENENGAH (UKM) MELINJO DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada UKM Melinjo di Kelurahan Keteguhan, Kecamatan Teluk Betung Timur, Bandar Lampung)

GHANDIFI, FITRI ARNIZAHFA ANAMBEL (2022) ANALISIS PERAN USAHA KECIL MENENGAH (UKM) MELINJO DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada UKM Melinjo di Kelurahan Keteguhan, Kecamatan Teluk Betung Timur, Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB5, DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI GHANDI 1.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Faktor penghambat dalam pelaksanaan pembangunan adalah keterbelakangan, ketidakberdayaan, ketergantungan, kebodohan, rendahnya kesehatan dan akan mengarah kepada kemiskinan.untuk mengindari hal tersebut dibutuhkannya salah satu pendakatan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat yaitu dengan pemberdayaan masyarakat. Hal tersebut dilakukan oleh masyarakat khususnya ibu rumah tangga di Kelurahan Keteguhan, Bandar Lampung melalui UKM melinjo. Usaha tersebut dilakukan para ibu rumah tangga untuk membantu kepala rumah tangga memenuhi kebutuhan hidup keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran UKM melinjo di Kelurahan Keteguhan, Bandar Lampung dalam meningkatkan perekonomian masyarakat perempuan khususnya ibu rumah tangga di Kelurahan Keteguhan, Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan sifat penelitian deskriptif. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberdayaan masyarakat melalui UKM melinjo dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, hal tersebut dilihat melalui masyarakat khususnya ibu rumah tangga di Kelurahan Keteguhan, Bandar Lampung dapat menjangkau sumber daya produktif berupa melinjo untuk dapat dikelola dan dimanfaatkan menjadi sebuah produk yang dapat diperjualbelikan. Hasil penjualan produk tersebut dapat meningkatkan pendapatan masyarakat sehingga mereka dapat memenuhi barang dan jasa yang mereka butuhkan. Pemberdayaan masyarakat melalui UKM melinjo juga didukung oleh beberapa pelatihan dari pemerintah atau lembaga lain. Peningkatan ekonomi bertujuan untuk mencapai kesejahteraan, UKM melinjo juga dapat membantu memenuhi kesejahteraan masyarakat Kelurahan Keteguhan, hal tersebut dilihat melalui terbukanya peluang tenaga kerja, meningkatnya pendapatan keluarga, namun UKM melinjo di Kelurahan Keteguhan, belum cukup membantu secara maksimal untuk memenuhi kebutuhan akan pendidikan dan kesehatan. Menurut pandangan Islam UKM melinjo di Kelurahan Keteguhan, Bandar Lampung berperan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Dapat dilihat dari pemenuhan kebutuhan konsumsi dasar dan juga terciptanya rasa aman, oleh karena itu kebutuhan pokok (dharuriyah) dapat terpenuhi. UKM melinjo Kelurahan Keteguhan dapat sedikit membantu kebutuhan sekunder (hajiyah) dan belum cukup membantu kebutuhan tersier (tahsiniyah) secara maksimal. Kata Kunci : Kesejahteraan, Melinjo, Perekonomian Masyarakat, Peran UKM

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Oct 2022 04:59
Last Modified: 27 Oct 2022 04:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21537

Actions (login required)

View Item View Item