ANALISIS STRATEGI RELATIONSHIP MARKETING (RM) BANK MUAMALAT DALAM MENINGKATKAN DAN MENJAGA STABILITAS NASABAH PADAPRODUK BACK�TO-BACKFINANCING DI MASAPANDEMI COVID-19 (Studi Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Utama Bandar Lampung)

NOVI, DUWI ROMA SARI (2022) ANALISIS STRATEGI RELATIONSHIP MARKETING (RM) BANK MUAMALAT DALAM MENINGKATKAN DAN MENJAGA STABILITAS NASABAH PADAPRODUK BACK�TO-BACKFINANCING DI MASAPANDEMI COVID-19 (Studi Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Utama Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1, BAB 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of NOVI DUWI FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pandemi covid-19 yang mengurangi tingkat daya saing perusahan, lembaga keuangan, termasuk lingkup perbankan syariah. Banyak nasabah bank syariah yang terkena dampak covid-19 mengakibatkan bank syariah atau lembaga keuangan bank dan no bank mulai merivisi target pertumbuhan, salah satunya dengan melakukan pembiyaan untuk suatu modal pengembangan usaha, seperti memenihi kebutuhan hidupnya. Hal tersebut dibuktikan saat peneliti melakukan riset bahwasanya perkembangan peningkatan nasabah pembiyaan Back-to�Back, dengan memantapkan strategi Back-to-Back lebih meningkat dimaasa pandemic daripada sebelum pandemic. Oleh karena itu tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi Relationship Marketing Bank Muamalat dalam meningkatkan dan menjaga stabilitas nasabah pada produk back-to-back financing dimasa pandemic covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode pengumpulan data yang digunakan, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini staf relation marketing Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Utama Bandar Lampung. Dan sampel dalam penelitian menggunakan purposive sampling dan sampling jenuh. Metode Analisa data reduction (redaksi data), dan conclusion drawing (verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan relation marketing bank muamalat dalam meningkatkan dan menjaga stabilitas nasabah produk back-to-back financing dimasa pandemi dengan melakukan strategi-strategi pada umumnya, yaitu pihak Bank menghubungi nasabah existing, nasabah baru, serta penerapan digitalisasu virtual kepada nasabah, kemudian memakai data base dan melakukan prosseling, serta menerapkan startaegi bauran pemasaran atau marketing mix dalam mencapai tujuan target nasabah PT. Bank Muamalat Cabang Bandar Lampung di masa pandemi covid-19. Kata Kunci: Relationship Marketing, Back-to-Back Financing

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Oct 2022 04:56
Last Modified: 27 Oct 2022 04:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21535

Actions (login required)

View Item View Item