Peran Digital Marketing Terhadap Tingkat Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Pada Masa Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada UMKM Gula Merah Aren Kelurahan Gunung Terang Kota Bandar Lampung)

ZAKIA, SALSABILA (2022) Peran Digital Marketing Terhadap Tingkat Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Pada Masa Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada UMKM Gula Merah Aren Kelurahan Gunung Terang Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI ZAKIA SALSABILA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Merebaknya pandemi covid-19 menyebabkan terjadinya guncangan pada perekonomian dunia, tidak terkecuali Indonesia. Pandemi covid-19 secara tidak langsung telah mendorong perubahan beralihnya bisnis offline menuju bisnis digital. Salah satu UMKM di Bandar Lampung yang terkena dampak pandemi covid-19 adalah UMKM Gula Merah Aren Lampung yang memanfaatkan digital marketing untuk menjual dan memasarkan produknya agar dapat bertahan di tengah pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran digital marketing terhadap tingkat pendapatan UMKM gula merah pada masa pandemi covid-19. untuk mengetahui prespektif ekonomi Islam tentang peran digital marketing terhadap tingkat pendapatan UMKM gula merah aren pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan metode deskriftif kualitatif, sumber data dari data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian peran digital marketing bagi UMKM gula merah aren Kelurahan Gunung Terang pada masa pandemi covid-19 sangat penting untuk meningkatkan pendapatan, yaitu digital marketing pada menekan biaya promosi usaha dengan tingkat efesiensi tinggi, dapat memberikan informasi tentang produk yang ditawarkan, tampilan menarik di sosial media memberikan nilai positif bagi calon konsumen, berperan dalam hal berkomunikasi antara karyawan dengan konsumen. Dan juga dinilai telah sesuai dengan prinsip�prinsip bisnis Rasulullah SAW. yaitu Shiddiq adalah suatu sikap yang jujur, tegas dalam hal timbangan, Amanah adalah tidak menambah harga jual yang telah ditentukan kecuali atas pengetahuan pemilik barang, Fathanah berarti cakap atau cerdas yang berkaitan dengan strategi pemasaran, tabligh adalah memiliki kemampan untuk berbicara dengan cara-cara yang santun. Kata Kunci: Digital Marketing, Pendapatan UMKM

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Oct 2022 04:41
Last Modified: 27 Oct 2022 04:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21528

Actions (login required)

View Item View Item