DETERMINAN ADOPSI FINANCIAL TECHNOLOGY PADA INDUSTRI PERBANKAN DENGAN MENGGUNAKAN TECHNOLOGY-ORGANIZATION-ENVIRONMENT (TOE) METHODS DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Bank Umum Syariah di Provinsi Lampung)

ANIS, FATINAH (2022) DETERMINAN ADOPSI FINANCIAL TECHNOLOGY PADA INDUSTRI PERBANKAN DENGAN MENGGUNAKAN TECHNOLOGY-ORGANIZATION-ENVIRONMENT (TOE) METHODS DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Bank Umum Syariah di Provinsi Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of ANIS FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pada era modern saat ini, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia tidak lagi menjadi suatu hal yang asing bagi masyarakat Indonesia. Salah satu perkembangan teknologi yang menjadi tranding topik saat ini di indonesia adalah Teknologi Finansial atau Financial Technology (FinTech) dalam lembaga keuangan. Financial Technology (fintech) merupakan sebuah inovasi terbaru dalam sistem layanan keuangan yang mendapat sentuhan dari teknologi modern, untuk mempermudah masyarakat melakukan pembayaran, investasi, peminjaman uang, transfer uang dan lainnya. Rumusan masalah: 1) Apakah terdapat pengaruh technology terhadap adopsi fintech industri perbankan dalam perspektif ekonomi islam?, 2) Apakah terdapat pengaruh organization terhadap adopsi fintech industri perbankan dalam perspektif ekonomi islam?, dan 3) Apakah terdapat pengaruh environment terhadap adopsi fintech industri perbankan dalam perspektif ekonomi islam?. Tujuan penelitian: 1) Untuk mengetahui pengaruh technology terhadap adopsi fintech industri perbankan dalam perspektif ekonomi islam, 2) Untuk mengetahui pengaruh organization terhadap adopsi fintech industri perbankan dalam perspektif ekonomi islam, dan 3) Untuk mengetahui pengaruh environment terhadap adopsi fintech industri perbankan dalam perspektif ekonomi islam. Pada penelitian ini, metode yang digunakan adalah dengan metode kuantitatif, yaitu metode Partial Least Square (PLS) dengan bantuan program SmartPLS 3.2.9. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerimaan manfaat, sumber daya keuangan, pelatihan dan pendidikan, tekanan kompetitif dan kesiapan nasabah berpengaruh signifikan terhadap adopsi FinTech. Namun, penerimaan risiko tidak berpengaruh terhadap adopsi FinTech. Penelitian ini dapat digunakan oleh industri perbankan untuk menjadikan FinTech sebagai peluang yang baik, oleh regulator sebagai pengawas dan penyelenggara, dan masyarakat sebagai pengguna dari pengadopsian FinTech. Kata Kunci: Fintech, TEO Methods, Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Oct 2022 04:38
Last Modified: 27 Oct 2022 04:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21526

Actions (login required)

View Item View Item