PENGARUH MODAL, HARGA JUAL DAN LUAS LAHAN TERHADAP PENDAPATAN PETANI KOPI ROBUSTA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi di Desa Rigis Jaya Kecamatan Air Hitam Kabupaten Lampung Barat)

KIKI, KURNIA (2022) PENGARUH MODAL, HARGA JUAL DAN LUAS LAHAN TERHADAP PENDAPATAN PETANI KOPI ROBUSTA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi di Desa Rigis Jaya Kecamatan Air Hitam Kabupaten Lampung Barat). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL KIKI KURNIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan yang sering terjadi di masyarakat khususnya petani kopi robusta yaitu menurunnya pendapatan petani yang disebabkan oleh bermacam-macam faktor salah satunya modal.Modal adalah salah satu faktor produksi yang menyumbang pada hasil produksi. Harga jual yang rendah juga membuat petani berhadapan dengan kondisi pilihan yang sulit, yaitu antara menjual komoditi tetapi bisa menjadi rugi karena harus mengeluarkan biaya produksi dari komoditi yang dipanen, tetapi petani harus memiliki uang tunai untuk modal usaha tani pada musim panen selanjutnya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari Lahan merupakan hal utama dalam usaha tani , sesuai dengan teori yang ada jika semakin besar luas lahan maka semakin besar produktivitas yang dihasilkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modal, harga jual dan luas lahan terhadap petani kopi robusta di Desa Rigis Jaya Kecamatan Air Hitam Kabupaten Lampung Barat dalam perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan di Desa Rigis Jaya Kecamatan Air Hitam Kabupaten Lampung Barat khususnya kepada para petani kopi robusta Desa Rigis Jaya. Adapun sampel pada Penelitian ini berjumlah 80 responden dengan menggunakan Teknik Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis pada Penelitian ini menggunakan SPSS statistics version 22 untuk mengolah data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel modal berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan petani kopi robusta di Desa Rigis Jaya Kecamatan Air Hitam, hasil penelitian pada variabel harga jual berpengaruh negatif terhadap pendapatan petani kopi robusta di Desa Rigis Jaya Kecamatan Air Hitam, luas lahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan petani kopi robusta di Desa Rigis Jaya Kecamatan Air Hitam. Ditinjau dari perspektif ekonomi Islam para petani kopi robusta di Desa Rigis Jaya belum sepenuhnya sesuai dengan ekonomi Islam karena para petani sering menggunakan penambahan modal dari lembaga pembiayaan konvensional yang mengandung bunga. Kata Kunci : Modal, Harga Jual, Pendapatan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Oct 2022 04:34
Last Modified: 27 Oct 2022 04:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21524

Actions (login required)

View Item View Item