ANALISISSISTEMINFORMASI AKUNTANSI ALOKASI DANA DESA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pada Desa Sukaraja Kecamatan Semaka Kabupaten Tanggamus)

Aditia, Mandela (2022) ANALISISSISTEMINFORMASI AKUNTANSI ALOKASI DANA DESA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pada Desa Sukaraja Kecamatan Semaka Kabupaten Tanggamus). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of full skripsi.pdf] PDF
Download (23MB)
[thumbnail of cover bab 1+5+dapsus.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

ABSTRAK Alokasi Dana Desa yang diberikan tersebut, pada prinsipnya harus menganut prinsip akuntabilitas, transparansi, dan partisipasi maupun efisiensi. Pengelolaan keuangan desa yang diberikan kepada daerah melalui Alokasi Dana Desa pada prinsipnya tetap mengacu pada pokok pengelolaan keuangan daerah (Permendagri No. 113 Tahun 2014), dan mengacu pada konsep amanat dan tanggung jawab berdasarkan surat An-nisa (4) : 58). Meskipun masih banyak hambatan yang dihadapi, namun kebijakan ini dirasakan lebih bermanfaat, lebih transparan dan partisipatif, dan pemanfaatannya lebih demokratis karena berdasarkan musyawarah yang diikuti berbagai elemen warga desa. Dalam penggunaan dan pengelolaan dana desa yang bertanggungjawab adalah Kepala Desa dengan menyampaikan pertanggungjawaban dana desa sekaligus berkenaan dengan penyampaian laporan pertanggungjawaban APBDes. Laporan keuangan desa adalah suatu bentuk kebutuhan transparansi yang merupakan syarat pendukung adanya akuntabilitas yang berupa keterbukaan pemerintah desa atas aktivitas pengelolaan sumber daya publik terutama di desa Sukaraja, Kecamatan Semaka, Kabupaten Tanggamus. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti merumuskan permasalahan bagaimana proses perencanaan dan pelaporan pertanggungjawaban keuangan desa serta faktor-faktor apasaja yang mempengaruhi pengelolaan alokasi dana desa berdasarkan prespektif ekonomi Islam di desa Sukaraja, Kecamatan Semaka, Kabupaten Tanggamus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi sistem informasi akuntasi pengelolaan alokasi dana desa berdasarkan prespektif ekonomi Islam di desa Sukaraja, Kecamatan Semaka, Kabupaten Tanggamus. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research), yaitu penelitian yang lamgsung dilaksanakan dilapangan, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses perencanaan dan pelaporan pertanggungjawaban keuangan desa di Desa Sukaraja, Kecamatan semaka kabupaten tanggamus sudah berjalan cukup baik dan berjalan sesuai perencanaan yang telah di musyawarahkan, seperti tersedianya pembagunan dan perbaikan jalan, faktor yang mempengaruhi saat pelaporan dan pengelolaan terletak pada jaringan komunikasi informasi, serta pendapat yang berbeda antara pemerintah desa dengan pemerintah kabupaten. Berdasarkan pandangan ekonomi Islam Perencanaan pengelolaan Dana Desa Sukaraja Kecamatan Semangka Kabupaten Tanggamus sudah berjalan sesuai dengan syariat ekonomi islam rabaniyah (ketuhanan), karena titik berangkatnya dari Allah, tujuannya mencari ridha Allah dan cara-caranya tidak bertentangan dengan syariat-nya. Kata Kunci: Sistem Informasi Akuntansi, Alokasi Dana Desa, Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Oct 2022 04:30
Last Modified: 27 Oct 2022 04:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21522

Actions (login required)

View Item View Item