ANALISIS PERAN EKONOMI KREATIF DALAM PENINGKATAN PENDAPATAN PENGRAJIN SAAT PANDEMI COVID – 19 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pengrajin Gerabah Dusun Sidoharjo Desa Negara Ratu, Natar, Kabupaten Lampung Selatan)

Ahmad, Arief Hidayatullah (2022) ANALISIS PERAN EKONOMI KREATIF DALAM PENINGKATAN PENDAPATAN PENGRAJIN SAAT PANDEMI COVID – 19 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pengrajin Gerabah Dusun Sidoharjo Desa Negara Ratu, Natar, Kabupaten Lampung Selatan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of PRINT_Ahmad Arief Hidayatullah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ekonomi kreatif merupakan konsep ekonomi baru yang memadupadankan informasi dan kreatifitas yang mengandalkan ide, gagasan, dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi. Ekonomi kreatif yang berada di Dusun Sidoharjo Lampung Selatan ini merujuk pada industri kerajinan gerabah. Pengrajin yang memproduksi kerajinan gerabah ini merupakan upaya peningkatan kesejahteraan pendapatan keluarga. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran ekonomi kreatif dalam peningkatan pendapatan pengrajin saat pandemi di Dusun Sidoharjo Lampung Selatan? Dan Bagaimana ekonomi kreatif dalam peningkatan pendapat pengrajin di tinjau dari perspektif Ekonomi Islam di Dusun Sidoharjo Kabupaten Lampung Selatan? Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui peran Ekonomi Kreatif dalam peningkatan pendapatan pengrajin di Dusun Sidoharjo Kabupaten Lampung Selatan, Untuk mengetahui tinjauan Ekonomi Islam dalam peran Ekonomi Kreatif dalam meningkatkan pendapatan pengrajin gerabah di Dusun Sidoharjo Kabupaten Lampung Selatan. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian yang bersifat kualitatif, manfaat sumber data primer dan data sekunder, Metode yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan metode Interview, Observasi, dan Dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan pemeriksaan data (editing),Pengelolaan data (Coding), merekontruksi data (reconstructing), dan mensitematisasi data (Sistematizing). Dari analisis data dapat di simpulkan bahwa para pengrajin kerajinan gerabah di Dusun Sidoharjo Kabupaten Lampung Selatan, dengan adanya ekonomi kreatif memiliki peran penting bagi pengrajin, mengalami penurunan ditahun 2020 seperti Sofi Gerabah penurunan pendapatan menjadi Rp. 144.960.000/Tahun, Irawan Gerabah Rp. 161.000.000/Tahun, dan Yanto Gerabah Rp. 178.440.000. Dan mengalami peningkat ditahun 2021 Sofi Gerabah mengalami peningkatan pendapatan sebesar Rp. 238.080.000/Tahun, Irawan Gerabah mengalami peningkatan pendapatan sebesar Rp. 265.920.000/Tahun, dan Yanto Gerabah mengalami peningkatan pendapatan sebesar Rp. 303.420.000. Sementara itu, untuk kajian dalam islam, para pengrajin telah memenuhi proses produksi, kondisi ekonomi, dan prinsip ekonomi islam yaitu prinsip Keadilan dan prinsip Al-Falah. Kata kunci : Peran Ekonomi Kreatif, Peningkatan Pendapatan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Oct 2022 04:25
Last Modified: 27 Oct 2022 04:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21520

Actions (login required)

View Item View Item