ANALISIS KINERJA MANAJEMEN PERSEDIAAN BAHAN BAKU GABAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITATIVE (EOQ) GUNA MENGEFISIENSIKAN BIAYA PERSEDIAAN (Studi di Perum Bulog Kanwil Lampung)

Rosdiyana, Rosdiyana (2022) ANALISIS KINERJA MANAJEMEN PERSEDIAAN BAHAN BAKU GABAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITATIVE (EOQ) GUNA MENGEFISIENSIKAN BIAYA PERSEDIAAN (Studi di Perum Bulog Kanwil Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI ROSDIYANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Persediaan merupakan salah satu masalah penting bagi sebuah perusahaan. Tanpa adanya persediaan, perusahaan tidak akan dapat memproduksi barang. Di sisi lain, persediaan yang berlebihan juga akan menimbulkan risiko bagi perusahaan, karena persediaan menimbulkan banyak biaya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah besarnya pasokan bahan baku gabah di Kantor Bulog Wilayah Lampung, sehingga biaya pengadaan bahan baku gabah tinggi dan tidak efisien. Maka penelitian ini bertujuan untuk membantu perusahaan dalam mengefisienkan biaya persediaan yang dikeluarkan dengan menggunakan metode Economic Order Quantitative (EOQ). Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, studi pustaka, dan juga penelitian internet. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang merupakan hasil observasi dan wawancara langsung peneliti ke lokasi penelitian yaitu Perum Bulog Kanwil Lampung. Penelitian ini menggunakan metode Economic Order Quantitative (EOQ), yaitu metode yang digunakan untuk menentukan jumlah pembelian yang paling ekonomis dalam setiap pembelian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan perhitungan dengan menggunakan metode Economic Order Quantitative (EOQ) berhasil memperkecil biaya persediaan pada tahun 2020 dengan selisih Rp 1.377.286.900 dan 2021 dengan selisih Rp 31.337.616.800 Kata kunci : Persediaan Bahan Baku, Metode Economic Order Quantitative (EOQ), Biaya Persediaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Oct 2022 04:19
Last Modified: 27 Oct 2022 04:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21518

Actions (login required)

View Item View Item