EFEKTIVITAS BAURAN PEMASARAN TERHADAP TINGKAT JUMLAH NASABAH PRODUK BSI TABUNGAN HAJI INDONESIA DIMASA PANDEMI COVID-19 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Bank Syariah Indonesia Kcp Pringsewu A.Yani 1)

BELISIA, TIARA ULFA (2022) EFEKTIVITAS BAURAN PEMASARAN TERHADAP TINGKAT JUMLAH NASABAH PRODUK BSI TABUNGAN HAJI INDONESIA DIMASA PANDEMI COVID-19 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Bank Syariah Indonesia Kcp Pringsewu A.Yani 1). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER-BAB 1, 2,  DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi Full. Belisia Tiara Ulfa. 1851020094.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Strategi bauran pemasaran merupakan aspek penting untuk mencapai hasil dan tujuan yang diinginkan oleh perusahaan. Masa pandemi covid-19 menjadi sebuah tantangan yang tidak bisa dihindari salah satunya bagi sektor perbankan syariah, yang mengakibatkan segala aktivitas sosial menjadi terbatas. Salah satunya pada aktivitas bauran pemasaran produk BSI Tabungan Haji Indonesia sehingga mengalami penurunan nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas bauran pemasaran terhadap tingkat jumlah nasabah pada produk BSI tabungan haji Indonesia dimasa pandemi covid-19 dalam perspektif ekonomi islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif (field research) yaitu penelitian yang digunakan secara sistematis dengan mengambil data dilapangan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi ataupun laporan dengan cara mendeskripsikan objek dari kasus penelitian. Selanjutnya analisis data meliputi Reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa unsur bauran pemasaran 7P yang terdiri dari Produk, price, place, process, promotion, people dan physical evidence pada Bank Syariah Indonesia A.Yani 1 sudah cukup baik, pada salah satu unsur bauran pemasaran promosi masih belum maksimal dikarenakan promosi pada masa covid-19 terbatas untuk mempromosikan produk BSI Tabungan Haji Indonesia secara langsung kemasyarakat. Efektivitas Bauran pemasaran yang dilakukan dalam hal peningkatan jumlah nasabah yang dilakukan oleh Bank Syariah Indonesia Pringsewu A.Yani 1 sudah dikatakan cukup efektif jika dilihat melalui lima indikator efektivitas dan dikatakan cukup efektif. Dalam menjalankan aktivitasnya Bank Syariah Indonesia A.Yani 1 telah sesuai dengan karakteristik pemasaran syariah yang meliputi Teistis (Rabbaniyyah), Etis (Akhlaqiyyah), Realistis (Al�waqiyyah), Humanistis (Insaniyyah). Kata Kunci: Bauran pemasaran,Tabungan haji, Tingkat nasabah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Oct 2022 03:56
Last Modified: 27 Oct 2022 03:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21515

Actions (login required)

View Item View Item