PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA BANK UMUM SYARIAH DENGAN MODEL VALUE ADDED INTELLECTUAL CAPITAL (VAIC) PERIODE 2016-2020 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Niren, Sari (2022) PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA BANK UMUM SYARIAH DENGAN MODEL VALUE ADDED INTELLECTUAL CAPITAL (VAIC) PERIODE 2016-2020 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,5 dapus.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of Acc Cetak Skripsi Niren Sari.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Intellectual capital merupakan hal yang sangat penting untk dimiliki perusahaan dalam rangka meningkatkan kinerja keuangan. Dimana intellectual capital adalah modal yang tidak berwujud berupa informasi serta pengetahuan yang dimiliki tenaga kerja pada sebuah perusahaan yang berfungsi untuk meningkatkan kemampuan bersaing, meningkatkan kinerja keuangan serta meningkatkan nilai perusahaan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Apakah Komponen Intellectual Capital VACA (Value Added Capital Employed) mempunyai Pengaruh Terhadap Kinerja Keuangan pada Bank Umum Syariah periode 2016-2020 (2) Apakah komponen Intellectual Capital VAHU (Value Added Human Capital) Mempunyai Pengaruh Terhadap kinerja keuangan pada Bank Umum Syariah periode 2016-2020? (3) Apakah komponen Intellectual Capital STVA (Structural Capital Value Added) mempunyai pengaruh terhadap kinerja keuangan pada Bank Umum Syariah periode 2016- 2020 dalam (4) Apakah VAIC (Value Added Intellectual Capital) mempunyai pengaruh terhadap kinerja Keuangan pada Bank Umum Syariah periode 2016-2020 dalam perspektif ekonomi Islam? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah intellectual capital yang dijelaskan dengan Value Added intellectual Capital (VAIC) berpengaruh terhadap kinerja keuangan yang menggunakan indikator ROA dan ROE. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data sekunder berupa annual report 10 Bank Umum Syariah (BUS) di Indonesia dari tahun 2016-2020. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan menggunakan SPSS, dimana uji yang dilakukakan uji T, uji F dan uji (R2) dengan taraf signifikan sebesar 5%. Hasil dari penelitian ini berdasarkan uji parsial menunjukkan bahwa komponen intellectual capital, variabel value added capital employed (VACA), value added human capital (VAHU) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan Sedangkan structure capital value added tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan. Hasil uji simultan menunjukkan bahwa VAIC (value added capital employed, value added human capital dan structure capital value added) berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan pada Bank Umum Syariah di Indonesia. Kata kunci : Intellectual Capital, Kinerja Keuangan, Bank Umum Syriah, Value Added Intellectual Capital (VAIC)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Oct 2022 03:54
Last Modified: 27 Oct 2022 03:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21514

Actions (login required)

View Item View Item