ANALISIS PENERAPAN SISTEM AKAD HYBRID CONTRACT MURABAHAH BIL WAKALAH PADA PEMBIAYAAN GRIYA MADANI DITINJAU DARI FATWA DSN NO.04/DSN-MUI/IV/2000 (STUDI PADA PT BPRS METRO MADANI KC JATIMULYO)

ANGGITA, FITRIYANI (2022) ANALISIS PENERAPAN SISTEM AKAD HYBRID CONTRACT MURABAHAH BIL WAKALAH PADA PEMBIAYAAN GRIYA MADANI DITINJAU DARI FATWA DSN NO.04/DSN-MUI/IV/2000 (STUDI PADA PT BPRS METRO MADANI KC JATIMULYO). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 5 dapus.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI ANGGI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK PT BPRS Metro Madani KC Jatimulyo menawarkan produk yang diebut dengan Griya Madani dimana didalamnya tidak hanya terdapat kredit kepemilikan rumah, akan tetapi mencakup renovasi rumah (pembelian materi bangunan) dan pembelian tanah. Produk yang menjadi unggulan dalam pembiayaan Griya Madani yaitu produk pembelian materi bangunan (renovasi rumah). Produk Griya Madani yang dijalankan oleh PT BPRS Metro Madani KC Jatimulyo merupakan penggabungan dua jenis akad dalam satu kesepakatan, yaitu akad murabahah bil wakalah (dengan pesanan). Seiring perkembangannya akad murabahah dimasukkan ke dalam pembiayaan bank syariah dan dipadukan dengan akad wakalah sehingga dikenal dengan istilah murabahah bil wakalah. Ketentuan murabahah bil wakalah tertuang di dalam Fatwa Nomor 04/DSN-MUI/IV/2000 butir sembilan yang diantaranya mengatur bahwa ketika bank ingin menjual suatu barang maka barang tersebut harus secara prinsip menjadi milik bank terlebih dahulu. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dimana penulis memusatkan perhatiannya pada fenomena yang diselidiki dengan melukiskan fakta secara faktual dan cermat dengan cara melihat kemudian menggambarkan permaalahan yang diteliti dengan mengumpulkan data-data dan informasi tentang penerapan akad hybrid contract murabahah bil wakalah pada pembiayaan Griya Madani di PT BPRS Metro Madani KC Jatimulyo. Hasil penelitian skripsi ini menyimpulkan bahwa penerapan sistem akad hybrid contract murabahah bil wakalah yang terdapat pada pembiayaan Griya Madani di PT BPRS Metro Madani KC Jatimulyo sudah sesuai dengan Fatwa Nomor 04/DSN-MUI/IV/2000 tentang murabahah. Kata kunci : Pembiayaan, Murabahah bil wakalah, Fatwa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Oct 2022 03:53
Last Modified: 27 Oct 2022 03:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21513

Actions (login required)

View Item View Item