ANALISIS KEBIJAKAN RELAKSASI PEMBIAYAAN DAN OMZET USAHA TERHADAP KELANCARAN PEMBAYARAN PEMBIAYAAN PADA SAAT PANDEMI COVID-19 (Studi Pada Nasabah BPRS Aman Syariah Sekampung)

ATIFA, NADILA AFE (2022) ANALISIS KEBIJAKAN RELAKSASI PEMBIAYAAN DAN OMZET USAHA TERHADAP KELANCARAN PEMBAYARAN PEMBIAYAAN PADA SAAT PANDEMI COVID-19 (Studi Pada Nasabah BPRS Aman Syariah Sekampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI ATIFA NADILA AFE.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI ATIFA NADILA AFE.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan yang sering muncul dari penyaluran pembiayaan adalah adanya kasus penunggakan pembayaran pembiayaan yang dapat mengganggu likuiditas dan profitabilitas lembaga keuangan. Terlebih pada saat pandemi covid-19, kasus pembiayaan bermasalah meningkat. Pandemi covid-19 menyebabkan terjadinya penurunan pendapatan bank yang disebabkan adanya penundaan pembayaran angsuran pembiayaan nasabah imbas dari covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebijakan relaksasi pembiayaan terhadap kelancaran pembayaran pembiayaan pada saat pandemi covid-19, untuk mengetahui pengaruh omzet usaha terhadap kelancaran pembayaran pembiayaan pada saat pandemi covid-19 dan untuk mengetahui pengaruh kebijakan relaksasi pembiayaan dan omzet usaha secara simultan terhadap kelancaran pembayaran pembiayaan pada saat pandemi covid-19 pada nasabah BPRS Aman Syariah Sekampung. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh nasabah pembiayaan BPRS Aman Syariah yang berjumlah 276 nasabah, sedangkan sampel yang digunakan berjumlah 73 nasabah pembiayaan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan bantuan program statistical package for social science (SPSS) 26. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kebijakan relaksasi pembiayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kelancaran pembayaran pembiayaan pada saat pandemi covid-19. Omzet usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap kelancaran pembayaran pembiayaan pada saat pandemi covid-19. Hasil pengujian secara simultan menunjukkan kebijakan relaksasi pembiayaan dan omzet usaha berpengaruh terhadap kelancaran pembayaran pembiayaan pada saat pandemic covid-19. Kata kunci: Kebijakan relaksasi pembiayaan, omzet usaha, kelancaran pembayaran pembiayaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Oct 2022 03:49
Last Modified: 27 Oct 2022 03:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21511

Actions (login required)

View Item View Item