PENGARUH SOCIAL ENVIRONMENT, EFEKTIVITAS PENGGUNAAN SISKOHAT DAN WAITING LIST TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN PRODUK BSI TABUNGAN HAJI INDONESIA (Survey Pada BSI KCP Kedaton Bandar Lampung)

Elsa, Tania Damayanti (2022) PENGARUH SOCIAL ENVIRONMENT, EFEKTIVITAS PENGGUNAAN SISKOHAT DAN WAITING LIST TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN PRODUK BSI TABUNGAN HAJI INDONESIA (Survey Pada BSI KCP Kedaton Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of ELSA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Adanya pandemic covid 19 yang dimulai dari akhir desember tahun 2019 sampai dengan awal tahun 2022 dan menyebar ke berbagai Negara menyebabkan terganggu nya berbagai aktivitas masyarakat termasuk aktivitas keberangkatan ibadah haji di Indonesia. Akibat dari pandemic covid 19 ini, pemerintah Arab Saudi menutup sementara kegiatan pelaksanaan ibadah haji untuk meminimalisir penyebaran pandemic covid 19 tersebut dikarenakan banyak sekali peminat ibadah haji pada saat tahun berjalan. Salah satu contoh dampak terhadap lembaga keuangan bank yaitu terkendalanya pada produk tabungan haji seperti yang terjadi pada Nasabah pengguna Produk BSI Tabungan Haji Indonesia di BSI KCP Kedaton Bandar Lampung, 35 calon Jemaah haji dari sekitar 4000 nasabah pengguna Produk BSI Tabungan Haji Indonesia pada BSI KCP Kedaton Bandar Lampung yang pada awalnya dijadwalkan berangkat haji pada tahun 2020 namun akibat pandemi covid 19 tersebut menyebabkan keberangkatan umat muslim ke tanah suci Mekkah untuk melaksanakan kewajibannya yaitu ibadah haji dengan terpaksa harus menunggu kembali keberangkatan nya dikarenakan situasi serta kondisi yang tidak mendukung dan baru bisa menunaikan kembali kewajibannya pada tahun 2022. Serta para calon Jemaah haji lainnya pun harus menerima bahwa waktu keberangkatan haji nya harus mengalami kemunduran dari waktu yang telah ditetapkan sebelumnya. Pada penelitian kali ini dilakukan untuk mengetahui apakah variabel Social Environment, Efektivitas Penggunaan SISKOHAT dan Waiting List memiliki pengaruh secara parsial dan secara simultan terhadap Keputusan Menggunakan Produk BSI Tabungan Haji Indonesia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan sumber data merupakan data primer. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 80 responden yaitu Nasabah pengguna produk BSI Tabungan Haji Indonesia dan tempat penelitian dilakukan pada BSI KCP Kedaton Bandar Lampung. Hasil penelitian pada uji t untuk variabel social environment memperoleh nilai t hitung < t tabel yaitu – 1.090 < 1.991 dan nilai signifikansi sebesar 0.279 > 0.05, efektivitas penggunaan SISKOHAT memperoleh nilai t hitung < t tabel yaitu 1.577 < 1.991 dan nilai signifikansi sebesar 0.119 > 0.05 dan waiting list memperoleh nilai nilai t hitung < t tabel yaitu 0.794 < 1.991 dan nilai signifikansi sebesar 0.429 > 0.05. Hasil penelitian pada uji F untuk variabel social environment, efektivitas penggunaan SISKOHAT dan waiting list dapat diketahui bahwa nilai F hitung < F tabel yaitu 1.026 < 2.72 dan nilai signifikansi sebesar 0.386 > 0.05. Dari hasil uji t dan uji F yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa variabel social environment, efektivitas penggunaan SISKOHAT dan waiting list tidak memiliki pengaruh secara parsial dan tidak memiliki pengaruh secara simultan terhadap Keputusan Menggunakan Produk BSI Tabungan Haji Indonesia. Kata Kunci : Social Environment, Efektivitas Penggunaan SISKOHAT, Waiting List, BSI Tabungan Haji Indonesia

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Oct 2022 03:46
Last Modified: 27 Oct 2022 03:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21510

Actions (login required)

View Item View Item