PENGARUH LEVERAGE, PROFITABILITAS DAN LIKUIDITAS, TERHADAP KONDISI FINANCIAL DISTRESS (Studi Pada Bank Umum Syariah Yang Terdaftar di Bank Indonesia Periode 2015-2019)

FERDIAN, ANDRIANTO (2022) PENGARUH LEVERAGE, PROFITABILITAS DAN LIKUIDITAS, TERHADAP KONDISI FINANCIAL DISTRESS (Studi Pada Bank Umum Syariah Yang Terdaftar di Bank Indonesia Periode 2015-2019). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FERDIAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Financial distrees atau kebangkrutan merupakan ketidakmampuan perusahaan memenuhi kewajiban jangka pendek. Dalam mendeteksi kesulitan keuangan suatu perusahaan, dapat dilakukan dengan menganalisis rasio keuangan. Rasio keuangan tersebut antara lain leverage dengan mengukur debt to equity ratio, profitabilitas dengan mengukur raturn on equity dan liquiditas dengan mengukur current ratio. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh leverage, profitabilitas dan likuiditas, secara parsial dan simultan terhadapfinancial distress pada bank umum syarjah yang terdaftar di bank indonesia periode 2015-2019, dan pengaruhnya terhadap kondisi financial- distress ditinjau dari perspektif ekonomi islam. Pada penelitian penulis menggunakan metode penelitian eksploratif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data menurut cara memperolehnya, yaitu data sekunder kemudian dilakukan analisis statistik deskriptif dengan Uji normalitas, uji multiklonieritas, heteroskedastisitas dan autokorelasi. Kemudian dilanjutkan dengan analisis regresi linier berganda, ujit, uji f'dan uji R2. Berdasarkan hasil perhitungan regresi, leverage, profitabilitas dan likuiditas berpengaruh positif terhadap financial distress. Sehingga dapat disimpulkan semakin tinggi leverage, maka semakin tinggi financial distress karena pendanaan yang bersumber dari hutang semakin besar, apabila suatu perusahaan memiliki tingkat profitabilitas tinggi maka akan terhindar dari risiko financial distress, dan bila perusahaan memiliki sumber dana internal yang cukup maka perusahaan tidak memerlukan hutang untuk pendanaan. Ditinjau dari perspektif ekonomi Islam mengenai leverage dijelaskan dalam Q.S Albaqarah (27). (282 dan 283) dan Attaubah (41). Ayat tersebut menjelaskan bahwa laba tidak boleh berbentuk bunga karena termasuk dalam riba dan membayar hutang merupakan suatu kewajiban. Kata kunci : Financial distress, Leverage, Likuiditas dan Profitabilitas

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Oct 2022 03:44
Last Modified: 27 Oct 2022 03:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21509

Actions (login required)

View Item View Item