PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP PENDAPATAN PELAKU USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) MENURUT PERSEPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada UMKM di Kecamatan Pesisir Tengah Kabupaten Pesisir Barat)

RENDY, WANDRA (2022) PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP PENDAPATAN PELAKU USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) MENURUT PERSEPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada UMKM di Kecamatan Pesisir Tengah Kabupaten Pesisir Barat). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of FULL SKRIPSI RENDY WANDRA.pdf] PDF
Download (19MB)
[thumbnail of COVER BAB 1+5+DAPUS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi dengan arus globalisasi yang cepat membuat perkembangan tekonologi kearah serba digital saat ini semakin pesat. Digital marketing saat ini sudah menjadi bagian dari masyarakat. Orang-orang yang sebelumnya tidak berhubungan dengan digital marketing sekarang telah mulai tertarik dalam bidang tersebut. Era digital telah membawa berbagai perubahan yang baik sebagai dampak positif yang bisa digunakan sebaik-baiknya. Salah satu dampak negatif yang terjadi dilapangan adalah karena tidak memenuhi syarat sesuai dengan prinsip ekonomi Islam yang didalamnya terdapat prinsip keujujuran dan tanggung jawab. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui apakah digital marketing berpenaruh terhadap pendapatan UMKM di kecamatan Pesisir Tengah Kabupaten Pesisir Barat menurut perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini bersifat kuantitatif dimana data yang dihasilkan berbentuk angka. Adapun teknik pengumpulan sampel adalah menggunakan teknik purposive sampling berjumlah 20 sampel Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang telah menggunakan digital marketing. Teknik analisis data yang diperoleh, menggunakan software SPSS 22. Hasil analisis menunjukkan digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di kecamatan Pesisir Barat Kabupaten Pesisir Barat.Hal ini dibuktikan setelah para UMKM memutuskan menggunakan digital marketing dapat meningkatkan pendapatan UMKM tersebut. Serta digital marketing juga mampu meningkatkan pendapatan dengan efisiensi waktu yang tidak terbatas. Dalam perspektif ekonomi Islam yaitu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dikecamatan Pesisir Tengah Kabupaten Pesisir Barat menggunakan digital marketing sebagai alat pemasaran yangdimana pemasaran tersebut telah mengerapkan prinsip-prinsip ekonomi syari’ah diantaranya ketauhidan, adil, kebebasan, tanggung jawab dan kebenaran. Kata Kunci : Pendapatan, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) DanEkonomi Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Oct 2022 03:42
Last Modified: 27 Oct 2022 03:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21508

Actions (login required)

View Item View Item