PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PENCAPAIAN PENJUALAN DI MASA PANDEMI COVID-19 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada PT Intan Jaya Keramik Way Huwi)

DITA, JATRA UTARI (2022) PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PENCAPAIAN PENJUALAN DI MASA PANDEMI COVID-19 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada PT Intan Jaya Keramik Way Huwi). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Download (13MB)
[thumbnail of SKRIPSI (COVER - BAB I - II & DAPUS).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK Pada masa pandemi covid-19, terdampak pada ketenagakerjaan terutama pada motivasi yang dimiliki pada karyawan di suatu perusahaan. Penurunan motivasi kerja pada karyawan disebabkan adanya covid-19 di Indonesia. Selain motivasi kerja karyawan, menurunnya kepuasan konsumen terhadap kinerja karyawan juga berpengaruh pada tingkat penjualan serta mempengaruhi motivasi kerja karena tuntutan oleh pimpinan, yang mengharuskan karyawan mencapai target pada penjualan barang di perusahaan. PT Intan Jaya Keramik merupakan perusahaan swasta yang bergerak dibidang barang dan jasa yaitu penyediaan keramik Berdasarkan latar belakang, maka rumusan masalahnya adalah motivasi kerja karyawan pada masa pandemi covid-19 di PT Intan Jaya Keramik dapat berpengaruh terhadap pencapaian penjualan. Kepuasan konsumen berpengaruh terhadap pencapaian penjualan di PT Intan Jaya Keramik. Serta bagaimana motivasi kerja, kepuasan konsumen dan pencapaian penjualan dalam perspektif ekonomi Islam. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Data tersebut diolah dengan menggunakan sofware SPSS 21.0. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil analisis yang digunakan, maka dapat diketahui bahwa variabel yang digunakan yaitu variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y). Variabel bebas ada 2 yaitu Motivasi Kerja (X1) dan Kepuasan Konsumen (X2), sedangkan variabel terikatnya adalah pencapaian penjualan (Y) di masa pandemi covid-19 dalam perspektif ekonomi islam. Hasil penelitian ini menunjukkan variable motivasi kerja (X1) menunjukan bahwa 5.028 > .000 maka dari hasil tersebut terindikasi bahwa variabel motivasi kerja berpengaruh positif dan secara signifikan terhadap pencapaian penjualan, sehingga H1 diterima. Variabel kepuasan konusmen (X2) menunjukan bahwa 10.531 > .000 maka dari hasil tersebut terindikasi bahwa kepusan konsumen berpengaruh positif dan secara signifikan terhadap variabel peningkatan penjualan, sehingga H2 diterima. Variabel pencapaian penjualan (Y) dalam perspektif ekonomi Islam menunjukan bahwa 362.134 > 0,000 maka dari hasil tersebut terindikasi bahwa pencapaian penjualandalam perspektif ekonomi Islam berpengaruh positif dan secara signifikan terhadap variabel peningkatan penjualan. Kesimpulan penelitian menunjukan bahwa rasa nyaman sangat di harapkan pada karyawan terutama pada masa pandemi covid 19, yang dapat mempengaruhi kualitas pelayanan kepada konsumen serta dapat meningkatkan hasil penjualan sesuai target yang di harapkan oleh PT. Intan Jaya Keramik. Kata Kunci: Motivasi Kerja, Kepuasan Konsumen, Pencapaian Penjualan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Oct 2022 03:40
Last Modified: 27 Oct 2022 03:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21507

Actions (login required)

View Item View Item