PENGARUH IKLAN DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTRUSAN PEMBELIAN DITINJAU DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Pengguna Sepeda Motor Honda Beat Di Kelurahan Mulya Asri Kabupaten Tulang Bawang Barat)

Edy, Fitri Inayah (2017) PENGARUH IKLAN DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTRUSAN PEMBELIAN DITINJAU DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Pengguna Sepeda Motor Honda Beat Di Kelurahan Mulya Asri Kabupaten Tulang Bawang Barat). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_PDF.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI_PDF.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Honda Beat adalah sepeda motor jenis Skuter Matic di Indonesia yang memiliki penjualan tertinggi bila dibandingkan dengan produk lain yang sejenis. Honda Beat juga telah diakui sebagai sepeda motor terbaik kepercayaan masyarakat Indonesia seiring dengan diraihnya predikat Best Brand dikategori matic motorcycle. Hal inilah yang mendorong peneliti untuk melakukan penelitian dalam rangka menyusun skripsi. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pengaruh iklan dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk ditinjau dalam persepektif Ekonomi Islam? Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Sampel yang diambil berjumlah 96 responden. Alat analisis menggunakan SPSS for windows versi 16.0 yang meliputi uji regresi linear berganda, uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Iklan dan citra merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian yang ditunjukkan dengan kontribusi yang diberikan oleh variabel iklan dan citra merek terhadap keputusan pembelian sebesar 62.8% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diungkapkan dalam penelitian ini. Secara parsial iklan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, hal ini ditunjukkan oleh thitung 2.176 > ttabel 1.989, dengan koefisien regresi sebesar 0.145 yang menyatakan bahwa setiap penambahan satu satuan iklan akan meningkatkan keputusan pembelian sebesar 0.145. Sedangkan citra merek secara parsial juga mempengaruhi secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Dilihat dari dari thitung 5.473 >ttabel 1.989, dengan koefisien regresi sebesar 0.602 yang menyatakan bahwa setiap penambahan satu satuan citra merek akan meningkatkan keputusan pembelian sebesar 0.602. Simpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh iklan dan citra merek terhadap keputusan pembelian pada kelurahan Mulya Asri sebesar 62.8%. Sedangkan dalam persepektif ekonomi Islam, Iklan dan citra merek sepeda motor Honda Beat sejalan dengan ajaran Islam yaitu pesan iklan sepeda motor Honda Beat sangat jelas dan mengandung kejujuran, dengan nama yang baik maka akan memberikan citra yang baik pula, dan keputusan pembelian dilakukan dengan melakukan pertimbangan terlebih dulu. Langkah yang dilakukan oleh perusahaan adalah: perusahaan harus mempertahankan kualitas iklan dan menciptakan citra merek yang baik dibenak konsumen, sebab dengan iklan baik maka akan menciptakan citra merek yang positif dan konsumen akan lebih memungkinkan untuk melakukan keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: HAMID FAHMI FAHMI
Date Deposited: 17 Nov 2017 01:45
Last Modified: 17 Nov 2017 01:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2150

Actions (login required)

View Item View Item