BENTUK KERJASAMA GURU DAN ORANGTUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 01 DWI WARGA TUNGGALJAYA TULANG BAWANG

NURHASANAH, Suparmin (2022) BENTUK KERJASAMA GURU DAN ORANGTUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 01 DWI WARGA TUNGGALJAYA TULANG BAWANG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI NURHASANAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kerjasama guru dan orangtua penting dilakukan agar terbangun persepsi yang sama antara sekolah dan orangtua dalam mendukung proses pembelajaran yang akan diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kerjasama antara guru dan orangtua dalam meningkatkan motivasi belajar dan kemandirian belajar peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskripsi yang menekankan penemuan teori dari data observasi empirik dilapangan. Subyek penelitian ini adalah guru, orangtua dan siswa SDN 01 dwi warga tunggal jaya. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah : 1). bentuk kerjasama antara guru dan orangtua dalam meningkatkan motivasi belajar dan kemandirian belajar adalah komunikasi, yaitu : komunikasi formal dan non formal dan keterlibatan orangtua pada pembelajaran anak dirumah. 2). Sedangkan bentuk kerjasama yang dilakukan guru dan orangtua dalam meningkatkan motivasi belajar diantaranya yakni memiliki hubungan komunikasi yang baik, adanya rasa saling percaya antara guru dengan orangtua dalam memantau siswa, guru tidak menutupi kekurangan siswa ( berbicara apa adanya), memberikan pekerjaan rumah kepada siswa, dan mengadakan rapat rutin di setiap akhir semester sebagai bentuk evaluasi kekurangan siwa. 3). Dan adapun kemandirian di SDN 01 Dwi warga tunggal jaya kelas IV itu sendiri adalah kerjasama antara orangtua dan guru melalui sarana online virtual dan online non virtual. Adapun kemandirian siswanya yaitu masih terdapat siswa yang Tidak mengerjakan tugas dikarenakan kurangnya rasa tanggung jawab atas tugas diri sendiri sebagai peserta didik. Faktor penghambatnya meliputi kurangnya kesadaran dalam diri siswa akan kemandirian, tidak adanya pendampingan saat belajar, siswa mulai bosan dengan belajar tanpa didampingi, tidak semua siswa memiliki handphone pribadi, dan waktu pengumpulan tugasnya fleksibel. 4). Upaya yang dilakukan dalam bentuk kerjasama antara guru dan orangtua dalam meningkatkan motivasi belajar dan kemandirian belajar yaitu meningkatkan koordinasi antara sesama guru kelas IV SDN 01 dwi warga tunggal jaya, koordinasi atau kerjasama antara guru dan orangtua siswa, pembiasaan dan nasihat. Kata kunci : bentuk kerjasama guru dan orangtua, motivasi belajar, kemandirian belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Oct 2022 02:59
Last Modified: 27 Oct 2022 02:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21497

Actions (login required)

View Item View Item