PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MEMBERDAYAKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

NOVITASARI, Sohari (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MEMBERDAYAKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI NOVITASARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) karakteristik produk modul biologi Berbasis Kearifan lokal pada materi ekosistem untuk pesert didik kelas X di tiga sekolah yakni SMAN 1 Gedong Tataan, MA Diniyyah Putri Lampung dan SMA Persada Bandar Lampung, (2) kelayakan penggunaan modul biologi berbasis Kearifan Lokal pada materi ekosistem untuk peserta didik kelas X semester 2, (3) keefektifan modul biologi berbasis Kearifan Lokal pada materi ekosistem terhadap hasil kemampuan berfikir kritis peserta didik SMA kelas X Semester 2. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi prosedur penelitian pengembangan dari Borg & Gall yang telah dimodifikasi.Untuk pengembangan modul mengadaptasi model ADDIE yaitu Analyze, Design, Develop, Implement dan Evaluate. Validasi dari produk pengembangan ini dilakukan oleh ahli materi, ahli media, ahli budaya,dan ahli bahasa, serta praktisi pembelajaran Biologi. Bertindak sebagai subyek uji coba terbatas adalah 1 kelas Peserta didik Kelas X di SMAN 1 Pesawaran. Subyek Uji coba lapangan dilakukan di 3 Sekolah yakni SMAN 1 Gedong Tataan, MA Diniyah Putri Lampung dan SMA Persada Bandar Lampung. Hasil penelitian ini adalah: (1) karakteristik modul hasil pengembangan modul dilengkapi dengan basis kearifan lokal, menekankan pada pembelajaran sains melalui kearifan lokal alam sekitar tempat tinggal dan modul sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. (2) kelayakan modul masuk kategori sangat baik dengan hasil penilaian dari ahli materi 99%, ahli media 96%, ahli bahasa 91 %, ahli budaya 94%, praktisi pembelajaran 99 % dan peserta didik 81%; (3) Modul biologi berbasis kearifan lokal pada materi ekosistem untuk memberdayakan berpikir kritis peserta didik selepas dilakukannya evaluasi atau penilaian oleh satu ahli materi didapat kriteria sangat layak, satu ahli bahasa didapat kriteria sangat layak, satu ahli media didapat kriteria sangat layak dan juga ahli budaya didapat kriteria sangat layak. Modul biologi berbasis kearifan lokal pada materi ekosistem untuk memberdayakan berpikir kritis peserta didik sangat efisien digunakan selepas dilakukan tes produk. Kata kunci : Modul Biologi, Kearifan Lokal, Berfikir kritis, ADDIE

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Oct 2022 07:41
Last Modified: 26 Oct 2022 07:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21496

Actions (login required)

View Item View Item