PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMP NEGERI 3 TULANG BAWANG BARAT

LUSIA, IDAYANI (2022) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMP NEGERI 3 TULANG BAWANG BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI LUSIA IDAYANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMP NEGERI 3 TULANG BAWANG BARAT Oleh Lusia Idayani Motivasi belajar yang rendah merupakan permasalahan yang dialami peserta didik dalam kegiatan belajarnya, factor yang memprngaruhi motivasi belajar peserta didik yaitu dikarenakan orang tua yang sibuk bekerja sehingga peserta didik menjadi kurang perhatian, pada saat menjelaskan pelajaran guru mata pelajaran kurang memberikan Teknik pembelajaran yang memancing antusias peserta didik dan lemahnya motivasi belajar peserta didik dari dalam dirinya. Penelitian ini dilakukan terhadap peserta didik kelas VII Smp Negeri 3 Tulang Bawang Barat yang mengalami motivasi belajar rendah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research), metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan desain deskriptif yaitu suatu penelitian lapangan dengan tujuan mendeskripsikan (memaparkan) fenomena�fenomena yang ditemukan di lapangan berupa kata-kata lisan dan tulisan,kata-kata lisan dilakukan dengan analisis kualitatif dan kata�kata tertulis yakni kutipan-kutipan data dalam bentuk narasi. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dengan dilakukan triangulasi metode sebagai keabsahan data. Hasil dari penelitian yang diperoleh, peran guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMP Negeri 3 Tulang Bawang Barat terdapat peran guru bimbingan dan konseling yaitu guru BK berperan sebagai pembimbing agar berjalannya proses Pendidikan dengan baik, guru BK berkolaborasi dengan guru mata pelajaran dan memantau absen peserta didik. Adapun layanan bimbingan konseling yang diberikan guru BK kepada peserta didik yaitu layanan bimbingan klasikal dengan bidang layanan pribadi, melalui bimbingan klasikal guru BK mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik dan peserta didik menjadi semangat dalam belajar. Kata kunci: peran guru bimbingan konseling, motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Oct 2022 07:28
Last Modified: 26 Oct 2022 07:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21494

Actions (login required)

View Item View Item