IMPLEMENTASI PUTUSAN MAHKAMAH KONSTITUSI NOMOR 13/PUU-XV/2017 TENTANG PENCABUTAN LARANGAN PERNIKAHAN DENGAN REKAN SEKANTOR DALAM PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi Kasus Pada PT. Bank BJB KC. Bandar Lampung)

RIZKA, DIANDA FADHILAH (2022) IMPLEMENTASI PUTUSAN MAHKAMAH KONSTITUSI NOMOR 13/PUU-XV/2017 TENTANG PENCABUTAN LARANGAN PERNIKAHAN DENGAN REKAN SEKANTOR DALAM PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi Kasus Pada PT. Bank BJB KC. Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI RISKA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Islam telah menganjurkan untuk menyegerakan pernikahan bagi mereka yang telah mampu baik dalam segi materi maupun mental. Namun anjuran tersebut tidak berlaku bagi pegawai perusahaan khususnya di PT Bank BJB KC. Bandar Lampung. Dalam Perjanjian Kerja Bersama perusahaan melarang pegawai menikah dengan rekan kerja satu kantor. Namun setelah keluarnya putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 13/PUU-XV/2017 yang mencabut peraturan larangan pernikahan dengan rekan sekantor kini para pegawai sudah diberikan kebebasan untuk menikah denganr rekan kerja satu kantor. Salah satu perusahaan yang telah menerapkan putusan tersebut adalah PT. Bank BJB KC. Bandar Lampung. Dalam penelitian ini, penulis merumuskan beberapa masalah yang akan dikaji, diantaranya adalah 1) Bagaimana implementasi putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 13/PUU-XV/2017 di PT. Bank BJB KC. Bandar Lampung? 2) bagaimanakah pandangan fiqh siyasah tentang implementasi putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 13/PUU�XV/2017 di PT. Bank BJB KC. Bandar Lampung? Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Lapangan dimana sumber data dan informasi didapat di PT. Bank BJB KC. Bandar Lampung. Sumber data primer diperoleh dan dikumpulkan melalui observasi. Penelitian ini bersifat deskriptif yaitu dengan menggambarkan dan menguraikan data-data yang diperoleh dari penelitian. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan pengimplementasian Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 13/PUU-XV/2017 tentang pencabutan larangan pernikahan dengan rekan sekantor, PT. Bank BJB KC. Bandar Lampung sudah ada 4 pegawai yang menikah dengan rekan sekantor. Ditinjau dari perspektif fiqh siyasah implementasi putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 13/PUU�XV/2017 di PT. Bank BJB berkaitan dengan Maslahah Mursalah yakni terpenuhinya kemaslahatan bersama karena dengan adanya putusan tersebut baik dari perusahaan maupun pegawai tidak ada pihak yang merasa dirugikan. Kata Kunci: Fiqh Siyasah, Mahkamah Konstitusi, Pernikahan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Oct 2022 06:45
Last Modified: 26 Oct 2022 06:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21493

Actions (login required)

View Item View Item