PENGARUH MEDIA KUIS INTERAKTIF TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V MI AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG

ALDA, REGINA PUTRI (2022) PENGARUH MEDIA KUIS INTERAKTIF TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V MI AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB I DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ALDA REGINA PUTRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar IPA, dikarenakan guru sudah menggunakan media pembelajaran yang bervariatif salah satunya menggunakan media visual tetapi minat belajar peserta didik itu masih rendah. Masih dikatakan banyak sekali peserta didik yang minat belajarnya masih rendah karena itu perlu media pembelajaran yang lebih bervariatif dan lebih menarik perhatian peserta didik dan diharapkan peserta didik mampu memahami apa yang disampaikan oleh pendidik agar dapat mendorong keberhasilan peserta didik dalam menguasai materi dan meningkatkan minat belajar IPA. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatf. Penelitian menggunakan quasi eksperimen. Terdapat beberapa jenis eksperimen, Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu angket (kuisioner), dan teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Dalam uji instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas sedangkan uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, setelah itu menggunakan uji hipotesis. Untuk mengetahui beberapa permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini maka dirumuskan masalah yaitu: Apakah terdapat pengaruh yang signifikan media kuis interaktif terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas V di MI Al-Hikmah. Tujuan penelitian ini agar minat belajar peserta didik dapat meningkat pembelajaran IPA. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas V MI Al�Hikmah Bandar. Hasil perhitungan Uji-t angket, bahwa nilai Sig. (2- tailed) sebesar 0,01. nilai Sig. (2-tailed) ini lebih kecil dari 0,05 (5%), yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Media kuis interaktif berpengaruh terhadap minat belajar peserta didik pada kelompok eksperimen. Kata kunci : Media Kuis Interaktif, Minat Belajar iii ABSTRACT The research in this thesis is motivated by the low interest in learning science, because the teacher has used various learning media, one of which is using visual media but the students' interest in learning is still low. It is still said that there are many students whose learning interest is still low because it needs more varied learning media and attracts the attention of students and it is hoped that students will be able to understand what is conveyed by the teacher in order to encourage the success of students in mastering the material and increase interest in learning science. This research uses quantitative method. The study used a quasi-experimental. There are several types of experiments, the data collection technique used is a questionnaire (questionnaire), and the sampling technique used is purposive sampling. In the instrument test using validity and reliability testing, while the analysis prerequisite test uses normality test and homogeneity test, after that using hypothesis testing. To find out some of the problems contained in this study, the problem formulated, namely: Is there a significant effect of interactive quiz media on students' learning interest in science subjects for class V at MI Al-Hikmah. The purpose of this research is to increase students' learning interest in science learning. The subjects in this study were fifth grade students of MI Al-Hikmah Bandar. The results of the calculation of the t-test of the questionnaire, that the value of Sig. (2-tailed) of 0.01. value Sig. (2-tailed) is smaller than 0.05 (5%), which means Ho is rejected and Ha is accepted. Interactive quiz media affect the learning interest of students in the experimental group. Keywords: Interactive Quiz Media, Learning Interest

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Oct 2022 03:18
Last Modified: 26 Oct 2022 03:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21489

Actions (login required)

View Item View Item