NALISIS STRATEGI DALAM PENYELESAIAN PEMBIAYAAN BERMASALAH DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasuspada BMT Fajar Bina Sejahtera Semuli Jaya)

Yoki, Meilan Ogara (2022) NALISIS STRATEGI DALAM PENYELESAIAN PEMBIAYAAN BERMASALAH DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasuspada BMT Fajar Bina Sejahtera Semuli Jaya). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of YOKI FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Seiring dengan berjalannya waktu umat Islam mengharapkan kehadiran lembaga keuangan syariah nonbank yang bebas dari unsur riba, salah satu contohnya adalah Baitul Maal wa Tamwil (BMT). BMT merupakan lembaga keuangan syariah nonbank yang lebih mengutamakan masyarakat kecil. Seperti yang diketahui bersama, umat islam merupakan mayoritas penduduk Indonesia dan masih banyak penduduk dengan kondisi ekonomi yang memprihatinkan. Adapun tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor�faktor penyebab terjadinya pembiayaan bermasalah dan mengetahui strategi penyelesaian pembiayaan bermasalah pada masa pandemi Covid-19 yang dilakukan oleh BMT Fajar Bina Sejahtera Semuli Jaya. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu dengan menggambarkan suatu keadaan dan fenomena yang lebih jelas mengenai situasi yang terjadi dilapangan. Kemudian hasil yang didapat dari penelitian ini adalah 1) pemberian surat peringatan 1-3 dan penagihan secara intensif, 2) penjadwalan kembali (rescheduling), 3) persyaratan kembali (reconditioning), 4) pelelangan jaminan apabila anggota tidak ada itikad baik untuk memenuhi kewajibannya. Kata Kunci: strategi penyelesaian pembiayaan bermasalah, masa Covid-19

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Oct 2022 07:04
Last Modified: 25 Oct 2022 07:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21487

Actions (login required)

View Item View Item