ANALISIS PERAN ETIKA PROFESI PEJABAT DAERAH DI KECAMATAN LABUHAN RATU TERHADAP TINGKAT PELAYANAN PUBLIK DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Sukirman, Aini Siti Nur (2017) ANALISIS PERAN ETIKA PROFESI PEJABAT DAERAH DI KECAMATAN LABUHAN RATU TERHADAP TINGKAT PELAYANAN PUBLIK DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

Full text not available from this repository.

Abstract

Etika profesi merupakan aturan mengenai sikap perilaku dan tindakan manusia yang hidup bermasyarakat. Etika ini biasa juga sebagai seperangkat prinsip moral yang membedakan antara yang baik dari yang buruk. Pelayanan Publik adalah pemberian layanan (melayani) keperluan orang atau masyarakat yang mempunyai kepentingan pada organisasi itu sesuai dengan atauran pokok dan tata cara yang telah ditetapkan. Ada beberapa indikator yang dijadikan sebagai ukuran untuk mengukur tingkat pelayanan publik yaitu prosedur pelayanan, persyaratan pelayanan, kejelasan petugas pelayanan, kedisiplinan petugas pelayanan, tanggungjawab petugas pelayanan, keadilan mendapatkan pelayanan, kecepatan pelayanan, sikap yang ditunjukkan oleh petugas pelayanan, kepastian jadwal, kenyamanan lingkungan, keamanan lingkungan. Dari indikator tersebut ada beberapa indikator yang dijadikan masalah ataupun kelemahan dari Kecamatan Labuhan Ratu yaitu prosedurnya yang berbelit-belit, sikap yang kurang ramah dari petugas kepada masyarakat yang ingin melakukan pelayanan E-KTP ataupun Kartu Keluarga (KK). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah :Bagaimana peranetika profesi Pejabat Daerah terhadap tingkat pelayanan publik di Kecamatan Labuhan Ratu? Bagaimana kesesuaian Etika Profesi Pejabat Daerah di Kecamatan Labuhan Ratu dengan prinsip-prinsip Ekonomi Islam? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana etika profesi seorang Pejabat Daerah Kecamatan Labuhan Ratu, untuk mengetahui bagaimana kesesuaian etika para Pejabat Daerah tersebut akan mempengaruhi pelayanan masyarakat publik. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yaitu suatu penelitian yang dilakukan dalam kehidupan yang sebenarnya, dan menurut sifatnya penelitian ini bersifat deskriptif. Kemudian metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang ada di Kecamatan Labuhan Ratu, sampel dalam penelitian ini yaitu warga masyarakat yang datang di Kecamatan Labuhan Ratu yang ingin melakukan pembuatan E-KTP dan Kartu Keluarga (KK). Metode analisa data yang dilakukan secara kualitatif. Berdasarkan penelitian pada bulan April sampai dengan bulan Agustus bahwa tingkat pelayanan publik yang dilakukan oleh penyelenggara pelayanan publi di Kecamatan Labuhan Ratu sudah cukup maksimal dan sesuai dengan etika walaupun ada beberapa indikator yang dijadikan permasalahan dalam penelitian ini. Dalam melayani masyarakat dalam pembuatan E-KTP dan Kartu Keluarga (KK). Sedangkan berdasarkan prinsip ekonomi islam tentang pelayanan publik bahwa di Kecamatan Labuhan Ratu sudah sesuai dengan prinsip Ekonomi Islam. Meskipun masih ada beberapa faktor yang menjadi permasalahan dalam penelitianini. Kata Kunci :Etika, ProfesiPejabat, PelayananPublik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: HAMID FAHMI FAHMI
Date Deposited: 17 Nov 2017 01:37
Last Modified: 17 Nov 2017 01:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2148

Actions (login required)

View Item View Item