PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ARTIKULASI TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA

PUTRI, APRILIA NINGSIH (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ARTIKULASI TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1-2 & DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Literasi matematis berperan penting bagi siswa baik di lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah, namun keadaan di lapangan belum sesuai dengan yang diharapkan karena kemampuan literasi matematis siswa Indonesia masih rendah. Berdasarkan hasil praPenelitian di SMP Negeri 1 Merbau Mataram diperoleh bahwa kemampuan literasi matematis masih tergolong rendah yang ditunjukkan dari hasil tes sehingga diperlukan upaya untuk meningkatkan kemampuan tersebut, dan juga dapat mempengaruhi kepercayaan diri (self efficacy) siswa dalam mengerjakan soal matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi berpengaruh terhadap kemampuan literasi matematis dan self efficacy siswa. Metode Penelitian ini menggunakan Penelitian kuantitaif. Populasi dalam Penelitian ini adalah seluruh siswa kelas SMP Negeri 1 Merbau Mataram, dengan dua sampel Penelitian yaitu kelas ekperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan literasi matematis dan angket self efficacy. Analisis data Penelitian ini adalah uji multivariate analysis of variance, dengan taraf signifikan 5% diperoleh (1) Adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi terhadap kemampuan literasi matematis, (2) Adanya pengaruh pembelajaran kooperatif tipe artikulasi terhadap self efficacy siswa, dan (3) Adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi terhadap kemampuan literasi matematis dan self efficacy siswa. Kata Kunci: Model Artikulasi, Literasi Matematis, Self Efficacy

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Oct 2022 07:55
Last Modified: 24 Oct 2022 07:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21471

Actions (login required)

View Item View Item