PUTRI, APRILIA NINGSIH (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ARTIKULASI TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (2MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Literasi matematis berperan penting bagi siswa baik di lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah, namun keadaan di lapangan belum sesuai dengan yang diharapkan karena kemampuan literasi matematis siswa Indonesia masih rendah. Berdasarkan hasil praPenelitian di SMP Negeri 1 Merbau Mataram diperoleh bahwa kemampuan literasi matematis masih tergolong rendah yang ditunjukkan dari hasil tes sehingga diperlukan upaya untuk meningkatkan kemampuan tersebut, dan juga dapat mempengaruhi kepercayaan diri (self efficacy) siswa dalam mengerjakan soal matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi berpengaruh terhadap kemampuan literasi matematis dan self efficacy siswa. Metode Penelitian ini menggunakan Penelitian kuantitaif. Populasi dalam Penelitian ini adalah seluruh siswa kelas SMP Negeri 1 Merbau Mataram, dengan dua sampel Penelitian yaitu kelas ekperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan literasi matematis dan angket self efficacy. Analisis data Penelitian ini adalah uji multivariate analysis of variance, dengan taraf signifikan 5% diperoleh (1) Adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi terhadap kemampuan literasi matematis, (2) Adanya pengaruh pembelajaran kooperatif tipe artikulasi terhadap self efficacy siswa, dan (3) Adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi terhadap kemampuan literasi matematis dan self efficacy siswa. Kata Kunci: Model Artikulasi, Literasi Matematis, Self Efficacy
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 24 Oct 2022 07:55 |
Last Modified: | 24 Oct 2022 07:55 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21471 |
Actions (login required)
View Item |