STRATEGI PEMASARAN MADRASAH TSANAWIYAH BABUL HIKMAH KEDATON KALIANDA LAMPUNG SELATAN

AFLAH, ALIYATI (2022) STRATEGI PEMASARAN MADRASAH TSANAWIYAH BABUL HIKMAH KEDATON KALIANDA LAMPUNG SELATAN. Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT 1  DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of TESIS AFLAH ALIYATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan jumlah siswa dari tahun ke tahun terhitung dari Tahun Pelajaran 2018/2019 sampai dengan 2021/2022. Peningkatan jumlah siswa di MTs Babul Hikmah tidak terlepas dari strategi pemasaran yang telah dilaksanakan oleh pihak Lembaga. Adapun upaya yang telah dilakukan oleh MTs Babul Hikmah dalam melaksanakan kegiatan pemasaran yakni membuat brosur, mengadakan safari dakwah, serta menyebarkan pampflet di sosial media terkait Lembaga. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut penulis tertarik untuk mengkaji lebih dalam terkait dengan strategi pemasaran yang telah diterapkan oleh MTs Babul Hikmah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui empat strategi pemasaran diantaranya segmentasi pasar, pasar sasaran, penentuan posisi pasar, serta bauran pemasaran yang telah dilaksanakan oleh MTs Babul Hikmah. Jenis penelitian ini merupakan kualitatif menggunakan pendekatan naratif berlandaskan study kasus. Sumber data dari Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, Ketua PSB, Sekretaris PSB, dan Wali Murid. Alat pengumpul data dalam penelitian ini memakai teknik observasi, wawancara & dokumentasi. Kemudian data yg telah terkumpul dianalisis menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data & menarik konklusi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini memakai teknik gabungan (triangulasi) menggunakan observasi,wawancara, serta dokumentasi untuk sumber data yang sama secara serempak. Berdasarkan data yang penulis dapatkan, ada empat strategi pemasaran yang telah diterapkan oleh MTs Babul Hikmah diantaranya ; pertama segmentasi pasar yang dilakukan oleh MTs Babul Hikmah dengan menyebarluaskan informasi terkait dengan penerimaan siswa baru, atau hal hal yang berkaitan dengan perkembangan Lembaga melalui sosial media. Kedua yakni pasar sasaran yang diterapkan oleh MTs Babul Hikmah adalah menjadikan siswa/I lulusan SD/MI khususunya yang ada di Lampung Selatan menjadi target pasarnya. Ketiga yakni penentuan posisi pasar yang dilakukan oleh MTs Babul Hikmah, dengan memberikan pelayanan yang terbaik serta menerapkan kebiasaan 5 S diantara stakeholders sekolah. Keempat strategi Bauran pemasaran yang telah diterapkan oleh MTs Babul Hikmah dengan memadukan jasa pendidikan yang ditawarkan, penetapan biaya yang terjangkau, lokasi yang strategis, promosi yang dilakukan, sumber daya yang dimiliki, layanan jasa pendidikan yang diberikan, program – program pendidikan yang ditawarkan serta kerjasama yang dilakukan pihak lembaga dalam rangka memberikan kualitas jasa pendidikan serta pelayanan yang terbaik bagi para siswa maupun orang tua. Kata Kunci: Strategi, Pemasaran, Madrasah Tsanawiyah iii ABSTRACT The background of the problem in this studied was an increased in the number of students from year to year started from the 2018/2019 Academic Year to 2021/2022. The increased in the number of students in MTs Babul Hikmah was inseparabled from the marketed strategy that had been implemented by the Institution. The efforts that had been made by MTs Babul Hikmah in carried out marketed activitied were made brochures, held proselytized safaris, and distributed pamphlets on social media related to the Institution. Based on the background of the problem, the author was interested in studied more deeply related to the marketed strategies that had been implemented by MTs Babul Hikmah. This studied aims to determined four marketed strategies included market segmentation, target market, market positioned and marketed mix that had been implemented by MTs Babul Hikmah. This type of research was qualitative used a narrative approach based on case studied. Data sources from the Head of Madrasah, Waka Curriculum, Head of PSB, Secretary of PSB, and Parents. The data collection tool in this studied used observation, interview & documentation techniques. Then the collected data was analyzed used the stages of data reduction, data presentation & drew conclusions. Test the validity of the data in this studied used a combined technique (triangulation) used observation, interviews, and documentation for the same data source in unison. Based on the data obtained by the author, there were four marketed strategies that had been implemented by MTs Babul Hikmah included; first, market segmentation carried out by MTs Babul Hikmah by disseminated information related to the admission of new students, or matters related to the development of the Institution through social media. The second was that the target market applied by MTs Babul Hikmah is to made students who graduate from SD/MI specifically in South Lampung become their target market. The third was the determination of market position carried out by MTs Babul Hikmah, by provided the best serviced and implemented the 5 S habit among school stakeholders. The four marketed mix strategies that had been implemented by MTs Babul Hikmah by combined the educational serviced offered, affordable cost, strategic location, promotions carried out, resources owned, educational serviced provided, educational programs offered and cooperation carried out by the institution in order to provided the quality of educational serviced and the best serviced for students and parents. Keywords: Strategy, Marketing, Madrasah Tsanawiyah

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Oct 2022 03:52
Last Modified: 25 Oct 2022 07:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21461

Actions (login required)

View Item View Item