PENGARUH STRATEGI READING QUESTIONING AND ANSWERING (RQA) BERBANTUAN MEDIA KARTU MISTERI (KAMI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPS DI SDN 2 MARGOYOSO

Sindi, Erviana (2022) PENGARUH STRATEGI READING QUESTIONING AND ANSWERING (RQA) BERBANTUAN MEDIA KARTU MISTERI (KAMI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPS DI SDN 2 MARGOYOSO. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL SINDI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa dalam pembelajaran IPS. Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN 2 Margoyoso disebabkan karena aktivitas siswa pada saat proses pembelajaran masih kurang. Walaupun guru terkadang membuat kelompok diskusi namun tetap saja hanya beberapa siswa yang terlibat aktif, sehingga ada siswa yang tidak mendapat kesempatan untuk mengambangkan kemampuan berfikir kritis. Hal ini dibuktikan dengan adanya tes pada saat pra penelitian yaitu sejumblah 49 siswa kelas V belum mencapai indikator kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan permasalahan tersebut maka penulis menawarkan strategi RQA berbantuan media kartu misteri terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh strategi RQA berbantuan media KAMI terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajarani IPS kelas V SD. Metode penelitian yang telah dilakukan dalam penelitian ini adalah quasy eksperiment desain. Populasi pada penelitian ini berjumlah 49 siswa kelas V SDN 2 Margoyoso dengan sampel berjumlah 49 siswa di kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa dilakukan tes dengan soal essay berjumlah 10 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. pegelolahan data hasil uji hipotesis dihitung dengan menggunakan Microsoft excel, Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan perhitungan uji analisis diperoleh data hasil posttest thitung sebesar 2.065 lebih besar dari ttabel yang sebesar 2.012 dengan kesimpulan H0 ditolak dan H1 diterima. hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh Strategi Reading Questioning and Answering (RQA) berbantuan media Kartu Misteri (KAMI) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran RQA berbantuan media kartu KAMI terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Oct 2022 02:32
Last Modified: 24 Oct 2022 02:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21451

Actions (login required)

View Item View Item