IMPLEMENTASI METODE PICTORIAL RIDDLE DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII DI SMPN 20 BANDAR LAMPUNG

Evpin, Oktavia (2022) IMPLEMENTASI METODE PICTORIAL RIDDLE DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII DI SMPN 20 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI EVPIN OKTAVIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

IMPLEMENTASI METODE PICTORIAL RIDDLE DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII DI SMPN 20 BANDAR LAMPUNG Oleh Evpin Oktavia ABSTRAK Tujuan peneliti melaksanakan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana implementasi metode pictorial riddle dapat meningkatkan motivasi belajar pendidikan Agama Islam siswa SMPN 20 Bandar Lampung. metode pembelajaran pictorial riddle adalah suatu metode pembelajaran untuk mengembangkan motivasi dan minat siswa dalam diskusi kelompok kecil maupun besar melalui suatu riddle bergambar di papan tulis, papan poster atau diproyeksikan dari suatu transparansi, kemudian guru mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan riddle tersebut. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrument tes. Tes dalam penelitian ini dilakukan dalam dua tahap. Pertama, teskemampuan awal yang diberikan sebelum penelitian tindakan dengan tujuan untuk memperoleh data tentang kemampuan awal siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sedangkan yang kedua adalah tes kompetensi siswa. Berdasarkan analisis data dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan pictorial riddle untuk terhadap motivasi dan koneksi matematis siswa sebagai berikut. Dampak pictorial riddle dalam pembelajaran matematika terhadap motivasi siswa yaitu adanya peningkatan motivasi pada siswa yang memiliki motivasi tinggi koneksi sedang, motivasi tinggi koneksi rendah, motivasi sedang koneksi rendah, dan motivasi rendah koneksi rendah setelah penggunaan pictorial riddle yang ditandai dengan terpenuhinya semua indikator motivasi. Kata Kunci : Pebelajaran Inkuiri, Pictorial Riddle, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Oct 2022 04:02
Last Modified: 21 Oct 2022 04:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21447

Actions (login required)

View Item View Item