PERAN PEMERINTAH DESA DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN SOSIAL MASYARAKAT MUSLIM (Studi Desa Muara Dua Kecamatan Abung Tinggi Kabupaten Lampung Utara)

DELFI, YOKTALITA (2022) PERAN PEMERINTAH DESA DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN SOSIAL MASYARAKAT MUSLIM (Studi Desa Muara Dua Kecamatan Abung Tinggi Kabupaten Lampung Utara). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI DELFI YOKTALITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Kesejahteraan Sosial merupakan suatu tata kehidupan dan penghidupan sosial materil maupun spiritual yang diliputi oleh rasa keselamatan, kesusilaan, dan ketentraman lahir dan batin, yang memungkinkan setiap warga negara untuk mengadakan usaha pemenuhan kebutuhan-kebutuhannya dengan menjunjung tinggi hak�hak asasi serta kewajiban manusia, sesuai dengan Pancasila. Kesejahteraan Sosial adalah kondisi terpenuhinya kebutuhan material, spiritual, dan sosial warga negara agar hidup layak dan mampu mengembangkan diri, sehingga dapat melaksanakan fungsi sosialnya. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui peran peran pemerintah desa dan strategi desa dalam melakukan kesejahteraan masyarakat muslim. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field Research). Metode Penelitian yang digunakan adalah Penelitilian Kualitatif yang bersifat deskriptif, artinya menjelaskan tentang kondisi pemerintah desa dalam mensejahterakan masyarakat muslim berdasarkan data yang bersifat apa adanya dilapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara langsung, dan didukung dengan dokumentasi. Pengambilam Informan menggunakan informan kunci yaitu Kepala Desa, Sekretaris Desa dan Masyarakat Desa Muara Dua. Hasil Penelitian menujukkan bahwa Peran Pemerintah Desa Muara Dua dalam Mensejahterkan Masyarakat Muslim melalui Peran Pelayanan Umum, Peran Pembangunan, Peran Perlindungan Masyarakat dan Strategi Pemerintah Desa Muara Dua dalam Melakukan Kesejahteraan Masyarakat Muslim menggunakan Strategi Pengentasan Kemiskinan, dan Strategi pembangunan desa. Kata Kunci: Peran Pemerintah, Kesejahteraan Sosial

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Sosiologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Oct 2022 03:46
Last Modified: 21 Oct 2022 03:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21446

Actions (login required)

View Item View Item