STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) PADA MASA COVID-19 di KECAMATAN KOTABUMI UTARA (Studi Kasus Pada Usaha Tahu dan Tempe Di Desa Sawojajar)

Ratna, Kumala Sari (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) PADA MASA COVID-19 di KECAMATAN KOTABUMI UTARA (Studi Kasus Pada Usaha Tahu dan Tempe Di Desa Sawojajar). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI RATNA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Pandemi Covid-19 mengancam keberlangsungan kegiatan usaha di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Perekonomian Indonesia sudah berada di level yang sangat mengkhawatirkani. Hal ini membuat para pelaku usaha kecil yang menjadi bagian dari kekacauan perekonomian akibat krisis Covid-19, beberapa pelaku usaha yang menutup usaha untuk sementara waktu sebagai upaya menyiasati kendala arus kas perusahaan yang terus berjalan. Penelitian ini membahas mengenai strategi yang digunakan salam mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Tahu Tempe di Desa Sewojajar, Lampung Utara. Kesimpulan dalam penelitian menyatakan bahwa Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah Tahu Tempe di desa sewojajar pada masa pandemi covid-19 berpengaruh signifikan terhadap pendapatan yang didapatkan, dalam hal ini para pelaku UMKM melakukan pemasaran secara online dengan memanfaatkan teknologi serta memberikan inovasi-ivovasi untuk produknya sehingga dapat mengoptimalkan pendapatan. Strategi Pengembangan Usaha dalam Islam diperbolehkan selama masih sesuai dengan syariat-syariat Islam, para pelaku usaha diperbolehkan memaksimalkan pendapatan, tetapi Pendapatan dalam Islam merupakan pendapatan yang didapatkan dengan cara yang halal serta harta tersebut harus kita bersihkan melalui infaq/shadaqoh sehingga harta yang kita dapatkan akan mendapat keberkahan. Kata Kunci: Strategi Pengembangan Usaha, Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Pandemi Covid-19, Strategi Pengembangan Usaha Dalam Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Oct 2022 03:01
Last Modified: 21 Oct 2022 03:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21443

Actions (login required)

View Item View Item