PERAN DUKUNGAN SOSIAL KOMUNITAS PASUKAN AMAL SOLEH (PASKAS) TERHADAP PENINGKATAN KESEJAHTERAAN SANTRI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pondok Pesantren Qiroatul Qur’an Al-Fatah Kecamatan Teluk Betung Barat Kota Bandar Lampung)

Jemi, Rahma Wijaya (2022) PERAN DUKUNGAN SOSIAL KOMUNITAS PASUKAN AMAL SOLEH (PASKAS) TERHADAP PENINGKATAN KESEJAHTERAAN SANTRI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pondok Pesantren Qiroatul Qur’an Al-Fatah Kecamatan Teluk Betung Barat Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kesejahteraan merupakan salah satu komponen yang menjadi tolak ukur paling utama selain komponen pembangunan untuk melihat tingkat kelayakan dari kehidupan. Ukuran tersebut dapat dilihat dari tingkat kesehatan, pendidikan dan komponen lain yang dimiliki oleh masyarakat. Permasalahan yang terjadi di Pondok Pesantren Qiroatul Qur’an Al-Fatah adalah pada tingkat pendidikan, banyaknya santri yang putus sekolah. Keadaan ini merupakan faktor yang mempengaruhi tingkat kesejahteraan yang dirasakan terutama pada santri di Ponpes Qiroatul Qur’an Al-Fatah. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana Peran Dukungan Sosial Komunitas PASKAS Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Santri? dan Bagaimana Peran Dukungan Sosial Komunitas PASKAS Dalam Perspektif Ekonomi Islam?. Adapun tujuan untuk mengetahui Peran Dukungan Sosial Komunitas PASKAS Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Santri dan Peran Dukungan Sosial Komunitas PASKAS dalam perspektif ekonomi Islam. Jenis penelitian ini adalah (field research) penelitian lapangan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan metode analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan peran komunitas PASKAS dalam peningkatan kesejahteraan santri adalah berupa beras dari kualitas terbaik setiap bulannya dengan rumus 1 santri dikali 7kg beras, sesuai dengan kebutuhan santri agar dapat mengkosumsi pangan yang baik. PASKAS dalam praktiknya sudah menerapkan konsep al-maslahah yaitu meraih manfaat dan menghindarkan kemudharatan dengan mengambil 2 prinsip ekonomi Islam yaitu: Prinsip Tauhid dan Prinsip ‘Adl. Kata Kunci : Dukungan Sosial, Peningkatan Kesejahteraan Santri

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Oct 2022 02:56
Last Modified: 21 Oct 2022 02:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21441

Actions (login required)

View Item View Item