PERAN PEMBIAYAAN MURABAHAH DAN PEMBIAYAAN WAKALAH TERHADAP PENINGKATKAN TARAF EKONOMI ANGGOTA KSPPS ( STUDI KASUS DI BMT ASYAFI’IYAH BN CABANG SUKOHARJO PRINGSEWU)

IRMA, MELITA (2022) PERAN PEMBIAYAAN MURABAHAH DAN PEMBIAYAAN WAKALAH TERHADAP PENINGKATKAN TARAF EKONOMI ANGGOTA KSPPS ( STUDI KASUS DI BMT ASYAFI’IYAH BN CABANG SUKOHARJO PRINGSEWU). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1-2 DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI IRMA BAB 1-5 PALING FIXX.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Taraf ekonomi atau berupa kesejahteraan merupakan sektor yang paling banyak terdapat pada masyarakat luas, tetapi masih banyaknya masyarakat yang memiliki usaha mikro atau usaha pertanian yang kekurangan permodalan dalam menjalankan usahanya sehingga kurang mampu meningkatkan volume penjualan dari usaha yang dimiliki yang berakibat pada kesejahteraan dan pendapatan yang diperoleh. Sehingga peranan pembiayaan murabahah dan wakalah sangat dibutuhkan karena dengan adanya peminjaman yang ada pada BMT Asyafi’iyah sanggat membantu dalam meningkatkan taraf ekonomi dari kebangkrutan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peran pembiayaan murabahah dan pembiayaan wakalah terhadap peningkatkan taraf ekonomi anggota KSPPS di BMT Asyafi’iyah BN Cab. Sukoharjo Pringsewu dan bagaimana pembiayaan murabahah dan pembiayaan wakalah dalam meningkatkan taraf ekonomi anggota KSPPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran pembiayaan murabahah dan pembiayaan wakalah terhadap peningkatkan taraf ekonomi anggota KSPPS BMT Asyafi’iyah Sukoharjo Pringsewu dan untuk mengetahui bagaimana taraf ekonomi anggota KSPPS setelah menerima pembiayaan murabahah dan pembiayaan wakalah di BMT Asyafi’iyah BN Sukoharjo. Metodologi penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sampel pada penelitian ini berjumlah 67 responden yaitu anggota KSPPS BMT Asyafi’iyah Sukoharjo Pringsewu. Dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner dan wawancara, dimana hasil kuesioner dianalisis sesuai jawaban responden untuk ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pelaksanaan pembiayaan murabahah dan pembiayaan wakalah yang diterapkan di BMT Assyafi’iyah sudah memberikan kemudahan bagi anggota KSPPS. Dimana proses mengajukan pembiayaan tergolong mudah dan BMT Assyafi’iyah juga memberikan keringanan dalam pengembalian angsuran dana pembiayaan murabahah dan pembiayaan wakalah. Sasaran produk pembiayaan murabahah dan pembiayaan wakalah membantu anggota KSPPS dalam peningkatan usaha dan taraf ekonomi. Peningkatan usaha tersebut meliputi peningkatan perubahan modal, peningkatan volume barang dagang dan pertanian, dan pertumbuhan penjualan. Dana pembiayaan murabahah dan pembiayaan wakalah digunakan untuk keperluan usaha bahkan tidak sedikit juga digunakan untuk keperluan sehari-hari. Pembiayaan murabahah dan pembiayaan wakalah yang diberikan BMT Assyafi’iyah sangat memberikan manfaat yang baik terhadap peningkatan taraf ekonomi anggota KSPPS baik dalam usaha yang dijalankan maupun untuk kebutuhan hidup.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Oct 2022 02:55
Last Modified: 21 Oct 2022 02:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21440

Actions (login required)

View Item View Item