PENGARUH PEMAHAMAN DAN KEPUASAN PENGGUNAAN E-BILLING TERHADAP KEPATUHAN MEMBAYAR PAJAK MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM DI KOTA BANDAR LAMPUNG (Studi Kasus Pada Wajib Pajak yang Terdaftar di KPP Pratama Bandar Lampung Dua)

Melli, Nur Agustin (2022) PENGARUH PEMAHAMAN DAN KEPUASAN PENGGUNAAN E-BILLING TERHADAP KEPATUHAN MEMBAYAR PAJAK MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM DI KOTA BANDAR LAMPUNG (Studi Kasus Pada Wajib Pajak yang Terdaftar di KPP Pratama Bandar Lampung Dua). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI Melli Nur Agustin.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

“PENGARUH PEMAHAMAN DAN KEPUASAN PENGGUNAAN E-BILLING TERHADAP KEPATUHAN MEMBAYAR PAJAK MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM DI KOTA BANDAR LAMPUNG . (Studi Kasus Pada Wajib Pajak yang Terdaftar di KPP Pratama Bandar Lampung Dua).” ABSTRAK Pemahaman dan Kepuasan penggunaan E-Billing merupakan hal yang penting bagi keberlangsungan wajib pajak dalam patuh membayar pajak. E-Billing merupakan cara pembayaran pajak secara elektronik dengan menggunakan kode billing (15 digit angka) yang diterbitkan melalui sistem billing pajak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Tingkat Pemahaman dan Kepuasan Pengguna E-Billing terhadap Kepatuhan Membayar Pajak bagi Wajib pajak pengguna E�Billing yang terdaftar di KPP Bandar Lampung Dua, dan untuk mengetahui tinjauan dari Perspektif Ekonomi Islam tentang Kepatuhan membayar Pajak. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif dengan jenis Penelitian field research. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan Rumus Taro Yamane dan didapatkan sampel sebayak 136 Wajib Pajak pengguna E-Billing. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuesioner. Penelitian ini menggunakan metode Analisis Regresi Linier Berganda dengan menggunakan SPSS. Hasil Penelitian membuktikan Bahwa Pengaruh Pemahaman penggunaan E-Billing berpengaruh Positif dan signifikan terhadap Kepatuhan membayar pajak. Pengaruh Kepuasan penggunaan E�Billing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepatuhan membayar Pajak. Menurut perspektif ekonomi islam Pajak diperbolehkan dengan dasar kemaslahatan, Seluruh masyarakat termasuk umat Muslim diperintahkan untuk mematuhi peraturan perpajakan yang dibuat ulil amri/ Pemerintah dan meningkatkan kepatuhan Pajak berdasarkan prinsip tolong menolong dalam kebajikan dan ketaatan demi menghilangkan kemudharatan dan tercapainya kemaslahatan. Kata Kunci: Pemahaman Penggunaan E-Billing, Kepuasan Penggunaan E-Billing, Kepatuhan Membayar Pajak. Perspektif Ekonomi Islam, Wajib Pajak Pengguna E-Billing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Oct 2022 02:53
Last Modified: 21 Oct 2022 02:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21439

Actions (login required)

View Item View Item