ANALISIS FRAUD TRIANGLE DAN UKURAN PERUSAHAAN DALAM MENDETEKSI POTENSI KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN (Studi Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index Periode Tahun 2016-2020)

RIZSA, AMANDA (2022) ANALISIS FRAUD TRIANGLE DAN UKURAN PERUSAHAAN DALAM MENDETEKSI POTENSI KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN (Studi Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index Periode Tahun 2016-2020). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Rizsaamanda.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan yang akan dicari jawabannya dalam skripsi ini adalah bagaimana analisis fraud triangle dan ukuran perusahaan dalam mendeteksi potensi kecurangan laporan keuangan pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII). Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis fraud triangle dan ukuran perusahaan dalam mendeteksi potensi kecurangan laporan keuangan pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini metode penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index(JII) periode 2016-2020. Berdasarkan pemilihan sampel maka sampel dalam penelitian ini berjumlah 10 sampel data. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan pertambangan periode 2016-2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi yaitu dengan cara mengumpulkan, mencatat laporan keuangan. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program eviews versi 10. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menyatakan bahwa variabel ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap potensi kecurangan laporan keuangan dan variabel fraud triangle yang terdiri dari: financial need, nature of industry, dan ineffective monitoring berpengaruh signifikan terhadap potensi kecurangan laporan keuangan. Sedangkan untuk variabel financial target, external pressure, dan rationalization tidak berpengaruh signifikan terhadap potensi kecurangan laporan keuanga. Kata kunci : Fraud Triangle, Ukuran Perusahaan, Kecurangan (Fraud)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Oct 2022 02:46
Last Modified: 21 Oct 2022 02:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21436

Actions (login required)

View Item View Item