PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DENGAN PENDEKATAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING PADA BANK UMUM SYARIAH TAHUN 2016-2020

Nia, Nurmala (2022) PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DENGAN PENDEKATAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING PADA BANK UMUM SYARIAH TAHUN 2016-2020. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 5 dapus.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI NIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Corporate Social Responsibility merupakan sebuah mekanisme bisnis yang dilakukan perusahaan bertujuan untuk memberi kontribusi dalam pembangunan berkelanjutan. Karena konsekuensi dari dampak yang diberikan dalam menjalankan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan dapat merugikan masyarakat, maka melalui program CSR dapat memperlihatkan bahwa dalam kegiatan operasionalnya, perusahaan tidak hanya memikirkan keuntungan, tetapi juga masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya . Untuk itu informasi terkait laporan tanggung jawab perusahaan sosial diperlukan selain untuk mendapatkan kepercayaan dari stakeholders juga agar diterima dengan baik oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh variabel profitabilitas secara parsial terhadap corporate social responsibility dengan pendekatan islamic social reporting pada Bank Umum Syariah tahun 2016-2020. Untuk menguji pengaruh likuiditas secara parsial terhadap corporate social responsibility dengan pendekatan islamic social reporting pada Bank Umum Syariah tahun 2016-2020. Untuk mengetahui pengaruh variabel ukuran perusahaan terhadap corporate social responsibility dengan pendekatan islamic social reporting pada Bank Umum Syariah tahun 2016-2020. Untuk menganalisis pengaruh variabel profitabilitas, likuiditas, dan ukuran perusahaan terhadap corporate social responsibility dengan pendekatan islamic social reporting pada Bank Umum Syariah tahun 2016-2020. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah profitabilitas, likuiditas, dan ukuran perusahaan. Sedangkan variabel dependen yang digunkan adalah indeks ISR. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dokumentasi dan studi literatur. Data yang digunakan merupakan data sekunder berupa laporan keuangan atau laporan tahunan yang dipublikasikan pada masing-masing website resmi Bank Umum Syariah yang menjadi sampel. Pengambilan sampel data menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan teknis analisis yang digunakan yakni analisis data statistik, uji asumsi klasik, analisis regresi data panel dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan corporate social responsibility dengan pendekatan islamuc social reporting. Likuiditas tidak berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility dengan pendekatan islamuc social reporting. Ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility dengan pendekatan islamuc social reporting. Kata Kunci: Profitabilitas, likuiditas, ukuran perusahaan, Corporate Social Responsibility (CSR), Islamic Social Responsibility (ISR).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Oct 2022 02:42
Last Modified: 21 Oct 2022 02:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21434

Actions (login required)

View Item View Item