ANALISIS PENGARUH RETURN ON ASSET, NET PROFIT MARGIN DAN CURRENT RATIO TERHADAP DIVIDEN PAYOUT RATIO (Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Index Saham Syariah Indonesia (ISSI) Pada Tahun 2017-2019)

TITI, SUNDARI PRATIWI (2022) ANALISIS PENGARUH RETURN ON ASSET, NET PROFIT MARGIN DAN CURRENT RATIO TERHADAP DIVIDEN PAYOUT RATIO (Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Index Saham Syariah Indonesia (ISSI) Pada Tahun 2017-2019). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of TITI SUNDARI PRATIWI_Perpus Pusat.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of TITI SUNDARI PRATIWI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kebijakan dividen merupakan keputusan untuk menentukan berapa banyak dividen yang harus dibagikan kepada para pemegang saham. Perusahaan yang memiliki kemampuan dalam membayar dividen diasumsikan oleh masyarakat sebagai perusahaan yang menguntungkan. Pembayaran dividen akan meningkatkan kepercayaan sekaligus mengurangi ketidakpastian investor dalam menanamkan modalnya. Kebijakan dividen perusahaan dapat tercermin dari Dividend Payout Ratio yang merupakan rasio nilai pembayaran dividen terhadap laba bersih. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah variabel Return On Asset, Net Profit Margin, Current Ratio berpengaruh terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang tedaftar di ISSI tahun 2017-2019. Tekhnik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif, analisis regresi data panel, uji asumsi klasik dan uji hipotesis menggunakan software SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan Kesadaran, dan Sanksi Pajak memiliki pengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Sementara secara parsial return On Asset memiliki pengaruh signifikan, sedangkan Current Ratio dan Net Profit Margin tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang tedaftar di ISSI tahun 2017-2019 Kata kunci : Return On Asset, Net Profit Margin, Current Ratio, Dividend Payout Ratio (DPR)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Oct 2022 02:40
Last Modified: 21 Oct 2022 02:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21433

Actions (login required)

View Item View Item