PENGARUH SERTIFIKAT BANK INDONESIA SYARIAH DAN INFLASI TERHADAP TRANSAKSI PASAR UANG ANTAR BANK SYARIAH DI INDONESIA (PERIODE 2017-2021)

Jaya, Suhendra (2022) PENGARUH SERTIFIKAT BANK INDONESIA SYARIAH DAN INFLASI TERHADAP TRANSAKSI PASAR UANG ANTAR BANK SYARIAH DI INDONESIA (PERIODE 2017-2021). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,5 dapus.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of Jaya skripsi full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Pasar Uang Antarbank Syariah (PUAS) adalah kegiatan investasi jangka pendek dalam rupiah antar peserta pasar berdasarkan prinsip mudharabah, yaitu perjanjian penanam dana dengan pengelola dana untuk melakukan kegiatan yang memperoleh keuntungan, dan keuntungan tersebut akan dibagikan kepada kedua belah pihak berdasarkan nisbah yang telah disepakati sebelumnya. Dalam rangka mendukung tujuan Bank Indonesia untuk mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah, Bank Indonesia juga dapat melakukan pengendalian moneter berdasarkan prinsip syariah. Salah satu pencapaian tujuan yang dimaksud di atas adalah laju inflasi tahunan yang terkendali yang merupakan sasaran akhir dari kebijakan moneter yang dilakukan Bank Indonesia. Untuk mencapai sasaran akhir kebijakan moneter tersebut, Bank Indonesia dapat melakukan pengendalian moneter berdasarkan prinsip syariah yaitu melalui operasi moneter syariah yang selanjutnya mempengaruhi likuiditas perbankan syariah. Pelaksanaan operasi moneter syariah mempengaruhi tingkat imbal hasil pasar uang antar bank syariah. Tingkat imbal hasil PUAS sebagai instrumen likuiditas perbankan syariah akan mempengaruhi pembiaayaan yang dikeluarkan oleh perbankan syariah. Pembiayaan yang dikeluarkan oleh sektor perbankan akan mempengaruhi sektor riil yang diharapkan mampu mencapai sasaran akhir kebijakan moneter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh parsial SBIS terhadap transaksi pasar uang antarbank syariah tahun 2017-2021, pengaruh inflasi terhadap transaksi pasar uang antarbank syariah tahun 2017-2021 dan pengaruh SBIS dan inflasi terhadap transaksi pasar uang antarbank syariah di Indonesia tahun 2017-2021. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari dari website resmi Bank Indonesia berupa bulanan SBIS, Inflasi, dan transaksi pasar uang antar bank syariah dari bulan Januari 2017 sampai Desember 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji t, uji f, dan uji koefisien determinasi. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa SBIS secara parsial berpengaruh negatif signifikan terhadap transaksi pasar uang antarbank syariah, dan inflasi secara parsial tidak berpengaruh terhadap transaksi pasar uang antarbank syariah, SBIS dan inflasi secara bersama-sama (simultan) berpengaruh terhadap transaksi pasar uang antarbank syariah tahun 2017-2021. Kata Kunci: SBIS, Inflasi, Pasar Uang Antarbank Syariah, Bank Syariah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Oct 2022 02:38
Last Modified: 21 Oct 2022 02:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21432

Actions (login required)

View Item View Item