PENGARUH INVESTASI (TOTAL PMDN DAN PMA), PENDAPATAN ASLI DAERAH DAN PENGELUARAN PEMERINTAH TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI PROVINSI LAMPUNG TAHUN 2011-2020 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Ahmad, Fauzi (2022) PENGARUH INVESTASI (TOTAL PMDN DAN PMA), PENDAPATAN ASLI DAERAH DAN PENGELUARAN PEMERINTAH TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI PROVINSI LAMPUNG TAHUN 2011-2020 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL AHMAD FAUZI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Salah satu tolak ukur dalam menentukan keberhasilan pembangunan ekonomi adalah pertumbuhan ekonomi yang menggambarkan dampak nyata dari kebijakan pembangunan yang dilaksanakan. Pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu faktor penentu tingkat kesejahteraan masyarakat. Pertumbuhan ekonomi yang tinggi mendorong pemerintah daerah untuk melakukan pembangunan daerah yang direalisasikan dalam bentuk pengadaan fasilitas, infrastruktur, dan sarana prasarana yang ditujukan untuk kepentingan publik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah investasi, pendapatan asli daerah dan pengeluaran pemerintah secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Provinsi Lampung, apakah investasi, pendapatan asli daerah dan pengeluaran pemerintah secara stimultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Provinsi Lampung dan bagaimana pertumbuhan ekonomi dalam perspektif ekonomi islam. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data sekunder dalam periode pengamatan 2011-2020, data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian dalam penelitian ini secara parsial menunjukkan bahwa variabel investasi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap pertumbuhan, pendapatan asli daerah berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, pengeluaran pemerintah berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Provinsi Lampung. Hasil penelitian dalam penelitian ini secara simultan menunjukkan bahwa variabel investasi, pendapatan asli daerah dan pengeluaran pemerintah secara bersama�sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Provinsi Lampung. Hasil analisis uji koefisien determinasi R�squared sebesar 0.952, hal ini berarti bahwa varians dari investasi, pendapatan asli daerah dan pengeluaran pemerintah ini mampu menjelaskan varians dari pertumbuhan ekonomi sebesar 95,2 %, sedangkan 4,8 % sisanya dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian. Kata kunci: investasi, pendapatan asli daerah, pengeluaran pemerintah, pertumbuhan ekonomi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Oct 2022 02:34
Last Modified: 21 Oct 2022 02:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21430

Actions (login required)

View Item View Item